Jumat, 20 Mei 2011

Banyak sentimen bikin pergerakan bursa Asia volatil

Banyak sentimen bikin pergerakan bursa Asia volatil
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia sore ini masih saja bergerak liar. Saham-saham eksportir melompat setelah data mengenai pengajuan klaim pengangguran AS mengalami penurunan. Namun, saham-saham pengembang di Hongkong turun seiring adanya spekulasi kalau pemerintah akan mengambil langkah lebih untuk memangkas harga properti.

Pada pukul 15.28 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific tak banyak mengalami perubahan di level 134,62. Sebelumnya, indeks acuan Asia ini sempat keluar masuk zona merah setidaknya sebanyak tujuh kali.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: HTC Corp yang naik 0,4% di Taipei, Hyundai Motor Co yang naik 3,2% di Seoul, BHP Billiton Ltd turun 1,7% di Sydney, dan Hang Lung Properties yang turun 2,3% di Hongkong.

"Kita melihat ada guncangan hari ini. Pasar terlihat oversold di tengah aksi jual dalam tiga minggu terakhir. Sejumlah sentimen seperti data ekonomi AS, kecemasan akan pengetatan kebijakan di China, serta krisis utang Eropa, akan membuat pasar volatil dalam beberapa bulan ke depan," papar Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investor Ltd di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar