Selasa, 24 Mei 2011

Kecemasan akan gagal bayar utang Eropa mendongkrak harga emas

Kecemasan akan gagal bayar utang Eropa mendongkrak harga emas
NEW YORK. Kemarin malam, kontrak harga emas melonjak ke level tertinggi dalam seminggu terakhir. Kekhawatiran mengenai gagal bayar utang Eropa mendongkrak permintaan emas sebagai aset teraman.

"Saat ini saya lebih melihat emas berfungsi sebagai mata uang dibanding komoditas," jelas Dennis Gartman, ekonom and editor Suffolk.

Catatan saja, pada pukul 13.39 waktu New York, kontrak harga emas untuk pengantaran Juni di Comex, New York, naik 0,4% menjadi US$ 1.515,40 per troy ounce. Sebelumnya, kontrak yang sama sempat menyentuh posisi US$ 1.519, level tertinggi untuk kontrak emas yang paling aktif diperdagangkan sejak 11 Mei lalu. Jika dihitung, sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik 29%, dan menyentuh rekor tertinggi pada 2 Mei di posisi US$ 1.577,40 per troy ounce.

"Kebijakan moneter akan tetap akomodatif dalam beberapa bulan ke depan. Ketidakmampuan dollar dalam mempertahankan statusnya sebagai safe haven akan menyokong pergerakan emas," jelas Tom Pawlicki, analis MF Global Holdings Ltd di Chicago.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar