Selasa, 24 Mei 2011

Rumor CIC bikin saham BORN berlari

JAKARTA. Di tengah pergerakan indeks yang volatile, saham PT Borneo Lumbung Energi (BORN) pagi ini tampak sumringah. Pada pukul 10.12, saham BORN tercatat naik 1,38% menjadi Rp 1.470. Sebelumnya, saham BORN sempat bertengger di level Rp 1.490.

Apa yang menyebabkan saham BORN melaju pagi ini? Sumber KONTAN mengatakan, manajemen BORN berniat menerbitkan convertible bond atau obligasi tukar berdenominasi dollar AS dengan jangka waktu tiga tahun, kepada CIC. Belum jelas berapa nilai obligasi tukar yang akan diterbitkan, tapi bunganya disebut di kisaran 7% sampai 9%. "Namun, nilai tukar obligasinya dipatok di kisaran harga Rp 2.300 sampai Rp 2.500 per saham," ujar sang empunya rumor.

Sebagai konsekuensi masuknya CIC, BORN diwajibkan menjual batubaranya ke China selama tiga tahun mendatang. Harga kontrak pembelian batubara disepakati di level US$ 189 per ton.

Sekadar tambahan informasi, data Bloomberg menunjukkan, sejumlah broker yang memburu saham BORN pagi ini adalah Credit Suisse Securities senilai Rp 7,67 miliar, Trimegah Securities senilai Rp 4,61 miliar, dan Valbury Asia Securities senilai Rp 3,54 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar