Rabu, 15 Juni 2011

Kimia Farma Fokuskan 3 Proyek di 2011

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) sedang fokus mengerjakan tiga proyek bersama pihak luar negeri dan lokal pada 2011.

Proyek pertama bekerjasama perusahaan asal China Tian Jin King York dalam pembangunan pabrik injeksi dan hospital solution di Indonesia. Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk Syamsul Arifin mengatakan, nilai investasi pembangunan pabrik ini sekitar Rp216 miliar. Pendanaan proyek ini sekitar 65% pinjaman dan 35% equity. Kapasitas pabrik sebesar 100 juta unit per tahun. "Pendanaan berasal dari perbankan nasional dan China," ujar Syamsul, Rabu (15/6).

Perseroan juga akan mengakusisi PT Sinkona Lestari (SIL) dengan menambah penyertaan pemegang saham mayoritas. Dana yang disiapkan sebesar Rp20 miliar-Rp25 miliar. Perseroan akan meningkatkan produksi kina. Dengan akuisisi ini diharapkan bisnis kina di Indonesia menjadi satu perusahaan dan menguntungkan Indonesia sebagai produsen utama kina di dunia."PT SIL akan menerbitkan saham baru dan kita akan menambah penyertaan saham. Tahun ini dimulai," kata Syamsul.

Selain itu, perseroan juga membentuk perusahaan bekerjasama dengan Averroes di Malaysia. Menurut Syamsul, perseroan hanya mengambil kepemilikan minoritas pada proyek Averroes ini. Hal ini dikarenakan perusahaan asing sulit berkembang di Malaysia. "Pembentukan perusahaan ini antisipasi pasar ASEAN dan akan jadi model waralaba di Malaysia," tambah Syamsul.

Pada proyek pembukaan waralaba ini, perseroan akan mendapatkan royalti sebesar 2%. Sekretaris Perusahaan KAEF Adi Nugroho menambahkan, perseroan berencana membuka tiga apotik di Malaysia. Nilai investasi sekitar Rp3 miliar untuk tiga apotik. "Proyek ini sebagai file project mengingat di Malaysia tidak ada apotik," ujar Adi.

Selain itu, perseroan menganggarkan belanja modal sebesar Rp105 miliar-Rp150 miliar pada 2011. Syamsul mengatakan, perseroan menganggarkan dana Rp30 miliar untuk investasi reguler dan Rp105 miliar untuk pengembangan usaha. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar