Rabu, 15 Juni 2011

Bailout Yunani Gagal, Bursa Eropa Bakal Anjlok

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Saham Eropa diperkirakan akan melemah dalam perdagangan awal Rabu (15/6), karena selera investor untuk aset berisiko terlihat jatuh setelah menteri zona euro gagal menyelesaikan kesepakatan bailout baru untuk Yunani.

Mengutip Reuters, Indeks FTSE 100 Inggris diperkirakan akan dibuka turun 3 sampai 4 poin, DAX Jerman alan dibuka turun 5 sampai 9 poin dan CAC40 Perancis turun 1 sampai 7 poin. Sebuah pemogokan massal di Yunani berlangsung Rabu (15/6) dalam menanggapi tindakan-tindakan penghematan baru yang disetujui oleh pemerintah Yunani dengan Uni Eropa dan IMF untuk mengamankan bailout. Pasar meningkat tajam pada hari Selasa dalam sebuah reli, karena data China yang membantu meringankan kekhawatiran pertumbuhan global.

London FTSE ditutup naik 29,67 poin menjadi 5.803,13 pada hari Selasa, indeks DAX naik 119,65 poin ke 7.204,79 dan CAC40 Paris ditutup 56,97 poin di 3.864,58.

Bank-bank besar mengalami kenaikan, dengan BNP Paribas, Banco Santander dan UniCredit meningkat antara 2,2 dan 2,5 persen.

Di AS, saham tergelincir sedikit dari yang tertinggi pada sesi penutupan Selasa, namun masih ditutup lebih tinggi untuk peningkatan di titik tertinggi dalam hampir dua bulan, dipimpin oleh keuntungan di sektor energi dan membaiknya angka penjualan ritel AS.

Saham di Asia mixed pada hari Rabu karena data positif dari AS dan Cina offset oleh kekhawatiran bahwa siklus pengetatan moneter China bisa menggagalkan pertumbuhan.

Nilai euro mencapai rekor terendah terhadap franc Swiss atau berada di bawah 1,2000, melompat ke 1,2254 franc, level tertinggi setelah rilis data penjualan di AS yang lebih baik dari perkiraan dan tingkat inflasi di China. Mata uang tunggal juga menguat terhadap dolar, tapi digagalkan oleh perlawanan di sekitar $ 1,4500.

Data ekonomi yang dirilis pada hari Rabu akan mencakup angka CPI Mei untuk Perancis yang akan diumumkan pada 06:30 waktu London, diikuti oleh indeks harga rumah kuartal pertama untuk Spanyol pukul 8.00. Di Inggris, data pengangguran bulanan akan dirilis pukul 09:30 waktu setempat dan angka produksi industri Uni Eropa untuk bulan April akan keluar pukul 10.00. Rilis kuartal pertama perusahaan termasuk pernyataan oleh pengecer Inggris Sainsbury's, hasil kuartal pertama Spanyol Inditex dan angka penjualan Mei untuk pakaian peritel H & M.

Di Portugal, pembayaran utang dari sekitar 4,9 miliar euro dijadwalkan akan dibayarkan kepada pemegang obligasi pada hari Rabu. Presiden Perancis Nicholas Sarkozy akan mengadakan makan siang dengan presiden dewan Uni Eropa Herman Van Rompuy menjelang pertemuan antara kepala negara Uni Eropa 23-24 Juni. Di London, menteri keuangan Inggris George Osborne akan membuat pidato tahunan Mansion House di London dan Merchant Bankers Dinner Corporation, di mana Gubernur Bank of England Mervyn King juga akan berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar