Rabu, 15 Juni 2011

Penjualan ritel AS membaik, bursa Asia bergerak liar

Penjualan ritel AS membaik, bursa Asia bergerak liar
TOKYO. Bursa saham Asia bergerak liar, bergulir di antara naik dan turun, setelah penjualan ritel AS dirilis lebih baik dari perkiraan. Data tersebut meningkatkan prospek bagi eksportir.

Indeks MSCI Asia Pacific sedikit bergeser ke 132,87, pada pukul 9.44 di Tokyo. Adapun, indeks Nikkei 225 reli 0,21%, indeks Shanghai menguat 1,1%, dan indeks Kospi naik 0,31%. Sementara, indeks Hang Seng turun 0,05%, dan indeks Australia S&P/ASX 200 melemah 0,04%.

Beberapa saham, seperti Toyota Motor Corp. naik 0,5% di Tokyo. Saham James Hardie Industries SE, melejit 1,1% di Sydney. Namun, saham QBE Insurance Group merosot hingga 4% setelah perusahaan asuransi terbesar di Australia itu memperkiraan margin asuransi pada paruh pertama akan lebih rendah dari tahun lalu.

Manajer ekuitas SMBC Nikko Securities SMBC Inc. Hiroichi Nishi menyebut, kekhawatiran berlebihan terhadap masa depan ekonomi AS akan surut. Lantaran data penjualan ritel, sebagai data paling penting yang menunjukkan belanja konsumen, tidak seburuk pasar yang diperkirakan. "Investor kemungkinan akan membeli saham emiten yang sensitif terhadap ekonomi global,"ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar