Selasa, 26 Juli 2011

Prediksi kenaikan suku bunga bikin mata uang Asia perkasa atas dollar

Prediksi kenaikan suku bunga bikin mata uang Asia perkasa atas dollar
KUALA LUMPUR. Mayoritas mata uang Asia sore ini perkasa atas dollar AS. Kali ini, ringgit Malaysia dan won Korea Selatan memimpin penguatan. Salah satu penyebabnya, pasar berspekulasi kalau bank sentral Asia akan ramai-ramai menaikkan suku bunga acuan untuk menahan laju inflasi.

"Masih ada ruang bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga acuan. Tidak hanya di Malaysia, melainkan di hampir seluruh negara Asia karena mengalami ancaman inflasi," jelas Nik M Khairul, currency trader Asian Finance Bank Bhd di Kuala Lumpur.

Asal tahu saja, ringgit Malaysia menguat 0,6% menjadi 2,9535 per dollar pada pukul 18.00 waktu Kuala Lumpur. Sementara, won Korea Selatan menguat 0,4% menjadi 1.051,95, rupe India menguat 0,4% menjadi 44,2275, peso Filipina menguat 0,4% menjadi 42,225, dan baht Thailand menguat 0,2% menjadi 29,71.

Sekadar tambahan informasi, ringgit menguat ke level paling perkasa sejak September 1997 setelah Bank Negara Malaysia bilang pihaknya akan fokus dalam menahan laju inflasi. Sementara, penguatan rupe yang mencapai level tertinggi dalam 12 minggu terakhir terjadi setelah bank sentral India menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 bps, melebihi proyeksi analis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar