Selasa, 26 Juli 2011

Proyeksi kenaikan laba emiten menopang laju bursa Asia pagi ini

Proyeksi kenaikan laba emiten menopang laju bursa Asia pagi ini
TOKYO. Pasar saham Asia menguat seiring proyeksi pendapatan perusahaan yang lebih tinggi, mulai dari Canon Inc. hingga Kao Corp. Sentimen ini mementahkan kekhawatiran kalau kebuntuan batas utang AS akan menggagalkan pemulihan ekonomi global.

Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,2% ke 138,03, pada pukul 09.25 di Tokyo. Sekitar tiga saham naik berbanding satu saham yang jatuh. Pekan lalu, indeks regional ini menguat 2,5% ditopang pelonggaran utang di Eropa termasuk bantuan untuk Yunani, yang mendorong prospek pendapatan bagi bank di Asia dan eksportir.

Sementara, indeks Nikkei 225 naik 0,2%, dan indeks Kospi Korea Selatan reli 0,4%. Adapun, indeks Australia S&P/ASX 200 menguat 0,7%.

Kemarin, indeks S&P 500 ditutup melemah di New York, karena Republik dan Demokrat bersikukuh pada rencananya masing-masing untuk meningkatkan batas utang dan menghindari default.

Saham produsen kamera terbesar di dunia Canon Inc. melaju 2,8% setelah meningkatkan prediksi labanya karena penjualan yang lebih tinggi. Lalu, saham produsen produk rumah tangga Kao Corp. melonjak 4% setelah menaikkan prediksi laba setahun penuh seiring penjualan yang lebih tinggi di Asia. Adapun, saham perusahaan tambang terbesar di dunia, BHP Billiton Ltd naik 0,5% seiring kenaikan harga tembaga dan emas.

Analis Toyo Securities Co. Ryuta Otsuka menyebut, perusahaan-perusahaan Jepang mulai melaporkan pendapatannya periode April-Juni, pada pekan ini, dan memulainya dengan awal yang bagus. "Investor semakin mengekspektasikan laba yang bagus, dan yang mungkin akan mendorong mereka untuk membeli saham," ujarnya, hari ini, di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar