Senin, 01 Agustus 2011

Optimisme Utang Bawa Bursa Asia Naik

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia naik pada Senin (1/8) di tengah berkembangnya optimisme bahwa kesepakatan utang AS akan ditandatangani sebelum tenggat Selasa.

Indeks Nikkei Stock Average melompat 1,1%, dan indeks S & P / ASX 200 Australia naik 1%, sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,3%.

Apresiasi untuk saham Asia muncul setelah pemimpin dari kedua partai politik besar di AS menyatakan optimismenya bahwa mereka sudah mendekati mencapai kesepakatan anggaran, sebelum batas waktu Selasa (2/8).

Semua pasar saham utama Asia membukukan kerugian pekan lalu, karena investor meragukan anggota parlemen AS akan menyetujui kesepakatan untuk menaikkan plafon utang AS dan memangkas pengeluaran pemerintah sebelum Selasa.

Saham AS ditutup dengan anjlok tajam pada Jumat, seperti masalah utang dikombinasikan dengan data PDB AS yang mengecewakan investor.

"Selama beberapa pekan terakhir, ketidakpastian tentang plafon utang telah mempengaruhi pasar, termasuk likuiditas di beberapa pembiayaan kunci. Tetapi banyak tekanan jangka pendek akan menghilang begitu plafon utang dinaikkan, "kata ahli strategi di Barclays Capital, dikutip dari yahoonews.com

Saham perbankan yang naik di Asia adalah Westpac Banking Group Ltd yang naik 1,7% di Sydney, dan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc yang naik 2,7% di Tokyo.

Saham eksportir juga naik, dengan penguatan dolar di tengah optimisme utang. Indeks dolar diperdagangkan pada 73,926, naik dari 73,846 dalam perdagangan akhir di Amerika Utara pada Jumat.

Samsung Electronics Korsel naik 1,7% Ltd, sementara LG Electronics Inc. naik 1,1%.

Terhadap yen, dolar bergerak kembali ke 77,49 yen, setelah jatuh serendah 76,93 yen pada hari Jumat. Hal ini membantu fokus perusahaan ekspor, seperti auto raksasa Toyota Motor Co yang naik 1,3%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar