Kamis, 15 September 2011

Pernyataan dua pimpinan Eropa berhasil membuat bursa Asia melambung

Pernyataan dua pimpinan Eropa berhasil membuat bursa Asia melambung
TOKYO. Pergerakan bursa Asia melambung cukup tinggi pada transaksi pagi ini. Pada pukul 09.56 waktu Tokyo, data Bloomberg menunjukkan, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,5% menjadi 117,95.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,73%. Sementara, indeks Hang Seng Hongkong dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik masing-masing sebesar 0,74% dan 1,46%.

Saham-saham unggulan yang melonjak pagi ini antara lain: Commonwealth Bank of Australia yang melonjak 2,5% di Sydney, Samsung Electronics Co naik 3,3% di Seoul, BHP Billiton Ltd naik 1,9% di Sydney, dan Elpida Memory Inc naik 7,3% di Tokyo.

Pernyataan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel menjadi vitamin segar bagi pasar saham global dan regional. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kedua pimpinan ini memastikan bahwa Yunani akan tetap berada di kawasan Eropa.

"Komitmen Jerman dan Prancis untuk terus memberikan dukungan kepada Yunani menggerus anggapan bahwa negara itu akan default. Jika Yunani terhindar dari default, dampak terhadap sistem perbankan global bisa diminimalisir sehingga memberikan sinyal positif bagi pasar saham Asia," jelas Tim Schroeders, analis Pengana Capital Ltd di Melbourne.

Sekadar tambahan, sepanjang tahun ini hingga kemarin, indeks MSCI Asia Pacific sudah terjungkal 16%. Sebagai perbandingan, pada periode yang sama, indeks S&P 500 turun 5,5% dan Stoxx Europe 600 turun 19%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar