Kamis, 15 September 2011

Sokongan terhadap Yunani mendongkrak bursa Jepang

Sokongan terhadap Yunani mendongkrak bursa Jepang
TOKYO. Sebagian besar saham di bursa Jepang dibuka melaju pagi ini. Pada pukul 09.24 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,6% menjadi 8.653,92. Ini merupakan kenaikan tertinggi sepanjang 7 September lalu. Sementara, indeks Topix naik 1,3% menjadi 751,31.

Saham-saham berkapitalisasi besar yang turut mempengaruhi bursa Jepang adalah: Mitsubishi UFJ Financial Group Inc naik 1,2%, Sony Corp naik 1,7%, dan Toyota Motor Corp naik 1,3%.

Sentimen positif bursa Asia pagi ini datang dari Eropa. Pimpinan Jerman dan Prancis mengatakan, mereka yakin Yunani akan tetap berada di kawasan Eropa. Selain itu, ada juga spekulasi yang berkembang di mana China kemungkinan akan membantu negara-negara Eropa yang terbelit utang.

"Sebelumnya ada kecemasan bahwa Prancis dan Jerman akan menyalahkan Yunani secara sepihak dan tidak akan memberikan dukungan. Namun, ternyata, situasi di Yunani tidak seburuk yang diperkirakan," jelas Mitsushige Akino, analis Ichiyoshi Investment Management Co.

Sokongan atas Yunani juga membuat euro perkasa. Mata uang bersama di Eropa ini terapresiasi menjadi 105,59 per yen dari sebelumnya 104,82 per yen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar