Kamis, 15 September 2011

Prancis-Jerman Pertahankan Yunani, Bursa Asia Naik

Medium
INILAH.COM, Sydney – Bursa Asia menguat, dengan indeks acuan rebound dari level terendah lebih dari setahun. Hal ini terjadi setelah Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Yunani akan tetap di zona Euro.

Tim Schroeders, analis di Pengana Capital Ltd. Melbourne mengatakan, komitmen Jerman dan Perancis untuk mendukung keanggotaan Yunani di Uni Eropa meredam kekhawatiran adanya default

“Jika Yunani terhindar dari default, maka akan mengurangi imbas terhadap sistem perbankan, yang berakibat positif untuk pasar Asia.”

Indeks MSCI Asia Pacific naik 1,1% menjadi 117.52 pada 3:18 p.m. di Tokyo, turun dari kenaikan di sesi awal sebesar 1,6%. Kesepuluh kelompok industri naik, dengan 7 saham untuk 3 yang melemah.

Indeks kemarin jatuh ke level terendah sejak 25 Agustus 2010.

Kekhawatiran ekonomi global akan kembali ke resesi di tengah memburuknya krisis utang Eropa, memicu kejatuhan indeks MSCI APAC sebesar 17% dari level tertinggi tahun ini di 2 Mei dan kemarin.

Indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,8%. Indeks Kospi Korea Selatan naik 1,4%. Di Australia, indeks S&P/ASX 200 naik 1,7% di Sydney. Indeks Hang Seng di Hong Kong naik 0,4% dan indeks komposit Shanghai di China naik 0,1%.

Indeks berjangka Standard & Poor 500 turun 0,1% hari ini. Di New York, indeks naik untuk hari ketiga, naik 1,4% kemarin. Sarkozy and Merkel menegaskan bahwa Yunani akan bertahan di zona Euro. Sentimen positif lain terjadi setelah menteri keuangan AS Timothy F. Geithner mengatakan, tidak ada pilhan bagi negara utama Eropa untuk membiarkan institusi mereka berada dalam risiko.

Pada pertemuan dengan para menteri Uni Eropa 16 September mendatang, Geithner akan meminta pemerintah Eropa untuk meningkatkan upaya melawan krisis.

Westpac Banking Corp. naik 2,6% di Sydney. Samsung Electronics Co., yang mendapat 20% dari pendapatan dari Eropa, naik 2,4% di Seoul. S-Oil Corp., kilang dan penjualan petroleum, naik 12%. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. naik 2,8% karena naiknya harga chip. Esprit Holdings Ltd, perusahaan pakaian terbesar yang terdaftar di Hong Kong, naik 9,7%, setelah melaporkan laba naik 98%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar