Kamis, 15 September 2011

Harga emas dunia diprediksi akan kembali melorot

Harga emas dunia diprediksi akan kembali melorot
LONDON. Kontrak harga emas dunia diprediksi akan kembali melorot untuk hari kedua di London. Pada pukul 09.38 waktu London, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat turun 0,3% menjadi US$ 1.813,68 per troy ounce. Sementara, kontrak harga emas untuk pengantaran Desember turun 0,5% menjadi US$ 1.816,80 per troy ounce di Comex, New York.

Meredanya kecemasan terkait Eropa mendongkrak pasar saham serta memangkas permintaan emas sebagai aset alternatif. "Pernyataan yang dikeluarkan pimpinan Jerman dan Prancis terkait Yunani membantu meredakan kecemasan akan default Yunani sehingga mendorong aksi beli pada pasar saham," jelas Nick Trevethan, senior commodities strategist Australia & New Zealand Banking Group Ltd.

Kendati begitu, Trevethan meramal, harga emas bisa kembali menanjak ke level US$ 1.900 jika sudah mendekati US$ 1.850.

Sekadar catatan, harga rekor emas tercipta pada 6 September lalu di level US$ 1.921 per troy ounce. Tahun ini merupakan tahun bullish emas yang ke-11 seiring langkah investor untuk melakukan diversifikasi investasinya dari pasar saham dan pasar mata uang. Hal itu tidak mengherankan, sebab, harga emas sudah melonjak 27% tahun ini, melampaui lonjakan pasar saham global, komoditas, dan pasar surat utang negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar