Kamis, 15 September 2011

Jaminan Atas Yunani, Bursa Asia Menguat

Medium
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia menguat pada Kamis (15/9). Sentimen positif berasal dari jaminan Perancis dan Jerman bahwa Eropa akan mendukung Yunani untuk membantu mengatasi krisis utangnya.

Indeks Nikkei Stock Average Jepang naik 1,6%, sedangkan di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 2,2%, dan indeks Kospi Korea Selatan melonjak 3%.

Saham AS menguat semalam, dibantu laporan bahwa tujuan Prancis, Jerman dan Yunani adalah membantu Yunani tetap berada di zona euro.

Perdana menteri Yunani mengatakan bahwa negaranya bertekad memenuhi semua kewajiban dan bahwa langkah-langkah penghematan terakhir akan membantu Yunani mencapai target fiskal 2011-2012.

Kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang dampak Eropa ke ekonomi Asia, telah menekan bursa Asia secara mingguan dan bulanan. Namun, perusahaan-perusahaan sensitif terhadap tren pertumbuhan ekonomi di Asia.

Hyundai Motor Co melonjak 3,4% dan Kia Motors Corp naik 2,7% di Korea Selatan, sementara Honda Motor Co naik 3% di Tokyo.

Pembuat chip Jepang Elpida Memory Inc melonjak 7,2% setelah laporan bahwa perusahaan akan menggeser 40% kapasitas produksi dalam negeri ke Taiwan.

Elpida akan mengalihkan produksi agar bisa bersaing dengan rival yang lebih besar, Samsung Electronics Co Korea Selatan dan Hynix Semiconductor Inc, yang diuntungkan pelemahan won Korea. Hynix naik 6,1%, sementara Samsung naik 3,3%.

Perusahaan sektor komoditas, juga sensitif terhadap prospek pertumbuhan, dengan Inpex Corp naik 1,3% di Tokyo, dan BHP Billiton Ltd naik 2,1% di Sydney.

Dengan berita dari Eropa, bank juga menguat, seperti Daiwa Securities Group Inc Jepang yang naik 1,7%, dan Macquarie Group Ltd Australia naik 3,5%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar