Kamis, 15 September 2011

Tekanan Penyelesaian Krisis Eropa Dorong Penguatan Wall Street

New York - Tekanan untuk penanganan krisis Eropa dengan segera membawa saham-saham di bursa Wall Street menguat hingga 1%. Saham-saham sudah menguat selama 3 hari berturut-turut.

Para pemimpin Jerman dan Eropa telah mendesak Yunani untuk mengimplementasikan seluruh reformasi finansial secara ketat dan efektif. Yunani diharapkan melaporkan rencananya untuk memenuhi target dan menerima bantuan yang diperlukannya untuk menghindari gagal bayar.

Kabar baik juga datang dari Italia, dimana Perdana Menteri Silvio Berluscono memenangkan voting untuk rencana penyelamatan negara tersebut dari krisis.

Langkah dari para pemimpin Eropa itu merupakan lanjutan dari desakan Menteri Keuangan AS Timothy Geithner yang meminta mereka berupaya sepenuh tenaga untuk menyelesaikan krisis Eropa. Geithner mengatakan mereka memiliki kapasitas finansial dan ekonomi untuk mengatasinya.

"Apa yang kita amati adalah hedge fund global, paling tidak secara momentum, membawa kembali perdagangan yang berisiko, mengarahkan dana-dana menjauh dari dolar ke euro dan saham-saham global," ujar Fred Dickson, chief market strategist DA Davidson & Co seperti dikutip dari Reuters, Kamis (15/9/2011).

Pada perdagangan Rabu (14/9/2011), indeks Dow Jones industrial average ditutup menguat hingga 140,88 poin (1,27%) ke level 11.246,73. Indeks Standard & Poor's 500 juga menguat 15,81 poin (1,35%) ke level 1.188,68 dan Nasdaq menguat 40,40 poin (1,60%) ke level 2.572,55.

Saham-saham dalam beberapa pekan terakhir tergerus cukup besar karena dibayangi kekhawatiran krisis Eropa bisa membawa kawasan tersebut ke jurang krisis. Namun setiap secercah harapan dari krisis Eropa langsung membawa penguatan harga saham-saham.

Sektor yang secara tipikal mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan ekonomi seperti General Electric dan industri baru kemarin mencetak kenaikan terbesar. Saham GE tercatat naik hingga 2,5% menjadi US$ 15,79.

Saham Nvidia Corp melonjak hingga 5,2% menjadi US$ 15,28, sementara produsen chip lainnya, SanDisk Corp naik hingga 4,2% menjadi US$ 42,66. Saham Dell Inc naik hingga 3,3% menjadi US$ 14,86, sehari setelah Dewan mengumumkan tambahan program buyback hingga US$ 5 miliar.

Perdagangan berjalan cukup ramai dengan transaksi di New York Stock Exchange mencapai 8,5 miliar lembar saham, di atas rata-rata harian tahun lalu yang sebesar 7,6 miliar lembar.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar