Senin, 09 Mei 2011

Data tenaga kerja AS mendorong bursa Asia melaju

Data tenaga kerja AS mendorong bursa Asia melaju
TOKYO. Saham-saham yang berhubungan dengan energi di bursa Asia melesat siang ini. Pemicunya, data tenaga kerja AS mendongkrak optimisme investor. Pada pukul 15.51 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 137,74.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 0,7%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,3%, dan indeks Hang Seng Hongkong naik 0,5%.

Sejumlah saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia saat ini antara lain: Cnooc Ltd yang naik 1,7% di Hongkong seiring kenaikan harga minyak; Santos Ltd naik 1,7% di Sydney; serta Chubu Electric Power Co yang anjlok 10% di Tokyo.

"Semakin tingginya data mengenai payroll AS memberikan pesan bahwa pemulihan ekonomi negara itu mulai berjalan stabil. Bertambahnya lapangan kerja juga berarti peningkatan anggaran belanja, lebih banyak laba, lebih banyak pekerjaan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Perekonomian Jepang akan menghadapi tantangan lebih berat ketimbang prediksi pada pertengahan tahun ini," papar Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investor Ltd.

Sekadar mengingatkan, indeks Asia Pacific pada minggu lalu melorot 1,4%. Penurunan tersebut terjadi setelah bank sentral di Asia, mulai dari India hingga Filipina menaikkan suku bunga acuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar