Senin, 09 Mei 2011

"Aneh, Harga Emas Naik Penjualan Malah Meningkat"

JAKARTA - Ada semacam asumsi yang beredar di kalangan pengusaha toko emas tentang elastisitas permintaan pasar.

"Kalau harga emas naik, biasanya malah banyak orang punya uang lebih sehingga kecenderungan masyarakat membeli emas. Ketika emas turun, itu biasanya menggambarkan masyarakat sedang bokek, makanya mereka jual. Ini selentingan saja, tapi memang kadang terjadi. Mereka pasti rugi karena jual pas murah, tapi mereka lakukan saja karena butuh uang," kata salah satu pemilik toko emas Andri Heriyanto kepada okezone, Minggu (8/5/2011).

Kendati harga emas mengalami penurunan, masyarakat tidak lantas menyambutnya dengan aksi beli. Penurunan harga ini tidak terlalu berpengaruh terhadap omzet penjualan pemilik toko emas. Dia juga tidak mengerti kenapa hal ini bisa terjadi. "Saya sendiri tidak berani menebak ini ada hubungannya dengan inflasi atau hanya tren saja," lanjutnya.

Sementara itu, pedagang-pedagang emas ini mengaku mendapatkan pasokan emas dengan dua cara, dari pabrik dan pengrajin. "Kalau pabrik kita biasa ambil dari Surabaya, tapi jika ada pesanan dengan model khusus biasanya pengrajin kita bikin handmade," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar