Jumat, 17 Juni 2011

Bursa Asia Alami Koreksi Mingguan Terbesar 7 Tahun

Headline
INILAH.COM, Sydney – Saham-saham Asia berjatuhan, menghadapi koreksi mingguan terpanjang sejak 2004. Kekhawatiran kegagalan utang Yunani berpotensi menggagalkan pemulihan ekonomi global.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,5% menjadi 129,26, berayun antara keuntungan dan kerugian setidaknya tiga kali. Sekitar tiga saham jatuh untuk setiap yang naik.

Di tengah situasi Yunani, "ketakutan terbesar tidak diketahui," kata Tim Schroeders, analis di Pengana Capital Ltd, Melbourne. "Apa konsekuensi untuk konstituen Uni Eropa lain yang berhutang tinggi, penurunan nilai apa yang akan perbankan Eropa lakukan, dan apa konsekuensinya? Efek dari kegagalan utang sangat banyak. "

Indeks Asia-Pasifik menuju penurunan mingguan ketujuh berturut-turut, di tengah kekhawatiran bahwa pemulihan dari resesi global mungkin tergelincir krisis utang Eropa dan langkah-langkah China untuk mengendalikan inflasi. Ini melebihi koreksi beruntun enam pekan yang terjadi setelah runtuhnya Lehman Brothers Holdings Inc pada 2008.

Indeks Nikkei 225 (NKY) Stock Average turun 0,6%, indeks Kospi Korea Selatan jatuh 0,7%, sedangkan indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,6%. Di Australia, indeks S & P / ASX 200 ditutup naik 0,1%, setelah naik 1% pada hari sebelumnya.

"Penularan adalah ketakutan besar," kata Jason Teh, fund manager pada Investor Mutual Ltd di Sydney "Pasar saham memfaktorkan beberapa rasa takut itu."

Esprit Holdings Ltd, peritel mode global yang mendapat sebagian besar pendapatan dari Eropa, turun 3,7% di Hong Kong, di tengah kekhawatiran krisis utang Eropa tidak akan dapat diselesaikan dalam pertemuan pemimpin hari ini untuk membahas penyelamatan Yunani.

Woodside Petroleum Ltd, produsen migas terbesar kedua Australia, tenggelam 3,8% di Sydney. Harga minyak mentah di New York turun 0,8% hari ini. Woodside juga jatuh setelah memprediksi proyek LNG Pluto membutuhkan biaya 6,4% lebih dan mulai sekitar enam bulan lebih lambat dari estimasi sebelumnya.

Di Seoul, Hanjin Shipping Co, perusahaan pelayaran terbesar Korea Selatan, merosot 5%

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy akan membahas paket untuk Yunani, di mana default adalah "hampir pasti" dan berpotensi ekonomi AS dalam resesi, menurut Alan Greenspan, mantan ketua Federal Reserve.

Perdana Menteri George Papandreou meminta sekutu-sekutunya di parlemen untuk mendukung langkah-langkah penghematan yang diperlukan untuk memenuhi syarat bantuan internasional dan menghindari kegagalan utang.

Secara terpisah, Komisaris Ekonomi dan Moneter Uni Eropa Olli Rehn mengatakan yakin Yunani akan menerima tahap bantuan berikutnya pada awal Juli, mengatakan ia telah menerima jaminan dari Dana Moneter Internasional.

Saham teknologi anjlok terdalam di antara 10 kelompok industri pada indeks MSCI Asia Pasifik hari ini, setelah Research In Motion, yang memiliki ponsel BlackBerry kehilangan penjualan untuk iPhone Apple Inc, mengatakan pendapatan kuartalan mungkin jatuh untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun.

Samsung Electronics Co merosot 3,4% di Seoul setelah Research In Motion Ltd (RIMM), yang membuat ponsel BlackBerry, mengatakan pendapatan kuartalan bisa turun.

Hynix Semiconductor Inc turun 6,1% di Seoul setelah Korea Investment & Securities Co memangkas estimasi harga saham, mengatakan laba kuartal kedua perusahaan akan jatuh jauh dari harapan.

Billabong International Ltd, yang mendapat hampir setengah pendapatan dari Amerika, naik 1,3% di Sydney setelah laporan ekonomi AS, yang mengindikasikan perekonomian terbesar dunia masih dapat pulih. James Hardie Industries SE (JHX), penjual rumah di AS, naik 1,1%. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar