Jumat, 17 Juni 2011

Dibayangi Krisis Yunani, Dow Jones dan S&P Berhasil Menguat

Jakarta - Saham-saham di bursa Wall Street menguat dalam perdagangan yang penuh gejolak. Dow Jones dan S&P berhasil menguat, namun Nasdaq masih melemah.

Meski indeks saham menguat, namun investor masih dibayangi ketidakpastian masalah Yunani yang membuat mereka masih enggan masuk secara besar-besaran di pasar.

Krisis utang di Yunani masih menjadi pusat perhatian investor, meski para ahli mengatakan eksposure bank-bank di AS pada surat utang Yunani mungkin lebih rendah dari yang dikhawatirkan pasar.

Namun tetap saja investor menunggu resolusi krisis Yunani ini segera mungkin karena kurangnya kesepakatan untuk menyelesaikan masalah tersebut bisa menggerus keyakinan investor dan menahan laju penguatan di pasar.

"Headline besarnya adalah Yunani dan akan terus berlanjut ke Yunani sampai ada kejelasan atau penyelesaian dari sana," ujar Jonathan Corpina, analis dari Meridian Equity Partners seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/6/2011).

Pada perdagangan Kamis (16/6/2011), indeks Dow Jones ditutup menguat 64,25 poin (0,54%) ke level 11.961,52. Indeks Standard & Poor's 500 juga menguat 2,22 poin (0,18%) ke level 1.267,64 dan Nasdaq melemah 7,76 poin (0,29%) ke level 2.623,70.

"Kita akan terus melihat adanya volatilitas, kita akan terus mencermati volume. Ketika Anda melihat volume itu, volume menambah keyakinan di pasar. Tapi karena kita mulai melihat volume yang lebih besar, maka kita akan mendapatkan efek bola salju," tambah Corpina.

Saham American Expres Co tercatat menguat hingga 2,4% menjadi US$ 46,42 sekaligus membantu penguatan Dow Jones.

Operator supermarket terbesar AS, Kroger Co tercatat melonjak hingga 4,5% menjadi US$ 23,99 setelah melaporkan laba yang lebih besar dari ekspektasi, sekaligus mendongkrak proyeksi labanya.

Volume perdagangan cukup aktif, dengan transaksi di New York Stock Exchange mencapai 7,78 miliar lembar saham, di atas rata-rata harian yang sebesar 7,58 miliar lembar saham.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar