Jumat, 17 Juni 2011

Bursa emerging market terjungkal ke level terendah dalam tiga bulan

Bursa emerging market terjungkal ke level terendah dalam tiga bulan
NEW YORK. Mayoritas saham emerging market anjlok ke level terendah dalam tiga bulan terakhir. Pasar cemas, krisis di kawasan Eropa kian parah. Selain itu, ada kecemasan lain mengenai perlambatan ekonomi global seiring adanya kenaikan suku bunga acuan.

Pada pukul 17.30 waktu New York, indeks MSCI Emerging Market turun 1,8% menjadi 1.107,43. Ini merupakan level terendah sejak 18 Maret lalu. Sejumlah saham di negara emerging pun terlihat meluruh.

Ambil contoh, Shanghai Composite Index China yang anjlok 1,5%, Bombay Stock Exchange Sensitive Index India yang melorot 0,8%, indeks Kospi Korea Selatan yang turun 1,9%, Bovespa index Brazil turun 1,2%, dan Micex Rusia turun 0,5%.

Penurunan juga dialami sejumlah indeks acuan lain di Polandia, Czech Republic, dan Hungaria. Sementara, mata uang di negara Eropa Timur keok seiring terjadinya kerusuhan di Yunani terkait pemangkasan anggaran.

Jika dilihat, indeks emerging markets sudah anjlok sebesar 3,8% sepanjang tahun ini. Sebagai perbandingan saja, MSCI World Index hanya turun 0,5% di sepanjang 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar