Selasa, 07 Juni 2011

Kekhawatiran Ekonomi Global Siap Pukul Bursa Eropa

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka melemah pada Selasa (7/6) setelah tergelincir kemarin di tengah kekhawatiran baru tentang laju pemulihan ekonomi global dan perkiraan Bank Sentral Eropa yang akan menaikkan suku bunga pada Juli mendatang.

Mengutip Reuters, FTSE diperkirakan akan dibuka 21 poin lebih rendah dari Senin, DAX Jerman diperkirakan akan turun sebesar 34 poin dan CAC 40 turun 17 poin.

Kemarin, FTSE London ditutup hanya sedikit lebih tinggi, naik 0,14 persen ke 5.863,16. Di Jerman, indeks DAX berakhir 0,34 persen menjadi 7.084,57 dan CAC 40 merosot 0,70 persen menjadi ditutup pada 3.863,40. Pertumbuhan kekhawatiran dan ketidakpastian bantuan lebih lanjut kepada Yunani telah membuat saham Asia tergelincir pada hari Selasa, sementara saham AS ditutup melemah untuk sesi perdagangan keempat berturut-turut kemarin.

Euro naik dengan cepat di Asia pada Selasa setelah turun akibat dampak pernyataan Kepala Eurogroup, Jean-Claude Juncker bahwa mata uang tunggal itu dinilai terlalu tinggi. Euro terakhir diperdagangkan di $ 1,4589, setelah jatuh serendah $ 1,4555, tapi masih tinggi dari hari Senin di $ 1,4659. Selain komentar Junker, juru bicara Kementerian Keuangan Jerman mengatakan pada hari Senin tidak yakin terhadap dua program bantuan untuk Yunani.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou diharapkan dapat memberikan sebuah rencana kepada anggota Partai Sosialis pada Selasa, sebelum rencana tersebut dibawa ke parlemen Yunani pada hari Rabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar