Selasa, 07 Juni 2011

Quantitative Easing Ketiga, Rupiah di Jalur Kuat

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Selasa (7/6) diprediksi menguat. Pasar masih merespon negatif data tenaga kerja AS akhir pekan lalu yang memperlemah dolar.

Periset dan analis senior PT Monex Investindo Futures Albertus Christian mengatakan, rupiah masih berada dalam jalur penguatan hari ini. Sebab, pasar masih merespon negatifnya data tenaga kerja AS yang dirilis akhir pekan lalu.

Kondisi itu, masih memperlemahan dolar AS dan dengan sendirinya rupiah terangkat. "Rupiah hari ini, berpeluang menguat dan bergerak dalam kisaran 8.500-8.525 per dolar AS,” katanya kepada INILAH.COM.

Secara teknikal pun, lanjut Christian, setelah tembus level psikologis 8.520, rupiah terus menguji level 8.500. Untuk pekan depan, rupiah mengincar target level 8.425 per dolar AS sedangkan potensi pelemahannya sangat terbatas di level 8.525.

Namun, Christian menggarisbawahi, untuk tembus 8.500 per dolar AS, pasar masih menunggu hari Rabu (8/6) besok, dinihari WIB di mana Presiden The Fed Ben Bernanke akan menyampaikan pidato pada International Monetary Conference di Atlanta. "Pidato Ben mengenai outlook ekonomi AS," ucapnya.

Pada sesi pagi besok, lanjutnya, pasar sudah merespon. Karena itu, hari ini pasar sebenarnya masih menunggu indikator, apakah perlambatan ekonomi AS selama ini bersifat temporer atau lebih permanen. "Hal itu setelah data tenaga kerja akhir pekan lalu mengecewakan baik non-farm payrolls maupun tingkat pengangguran di AS," paparnya.

Di sisi lain, imbuh Christian, pasar juga ingin memastikan, apakah The Fed akan melakukan perpanjangan Quatitative Easing (QE). "Pelonggaran kuantitatif itu menjadi QE tahap ketiga setelah QE tahap dua usai Juni ini senilai US$600 miliar," imbuh Christian.

Asal tahu saja, kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Senin (6/6) ditutup menguat 10 poin (0,11%) ke level 8.508/8.518 per dolar AS. "Pernyataan resminya akan diberikan besok, Rabu (8/6)," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar