Selasa, 07 Juni 2011

Optimisme Utang Yunani Ayun Bursa Asia

Headline
INILAH.COM, Singapura – Bursa saham Asia berayun antara keuntungan dan kerugian setelah Gubernur Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet menunjukkan kesediaan untuk mendukung obligasi Yunani, membantu menjinakkan kekhawatiran goyahnya pemulihan ekonomi global.

Indeks MSCI Asia Pacific pada Selasa (7/6) naik 0,1% menjadi 133,72, menghapus kerugian 0,4%. Lima saham naik untuk empat yang turun. Sebanyak US$ 320 miliar telah dihapus dari nilai pasar, sejak puncaknya tahun ini pada 2 Mei, di tengah data ekonomi yang mengecewakan, seperti laporan pekerjaan AS pekan lalu.

"Kami tampaknya akan melihat pelambatan global," kata Daphne Roth, kepala riset ekuitas Asia ABN-Amro Private Bank, Singapura. "Pasar Asia cukup murah sekarang. Kita mungkin menunggu beberapa bulan sampai dapat melihat arah dan itu akan menjadi titik masuk yang baik. "

Indeks S & P / ASX 200 Australia tergelincir 0,1%, meredam koreksi sebelumnya sebanyak 0,8%. Reserve Bank of Australia menahan suku bunga acuannya dalam pertemuan keenam kalinya berturut-turut, akibat pertumbuhan lapangan kerja yang meoderat menunjukkan inflasi akan tetap tinggi. Mata uang Australia melemah.

Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,7%, indeks Hang Seng di Hong Kong turun 0,4% dan indeks Shanghai di China naik 0,6%. Indeks Nikkei 225 naik 0,7% setelah berayun antara keuntungan dan kerugian setidaknya 10 kali.

Saham Tokyo Electric Co, pemilik PLTN Dai-Ichi Fukushima yang lumpuh karena gempa bumi dan tsunami Maret lalu, rebound dari rekor rendah, setelah pemerintah Jepang mengatakan likuidasi utilitas akan menimbulkan masalah dan harus dihindari.

Indeks MSCI Asia Pacific pekan lalu mencatat kerugian terbesar mingguan, sejak runtuhnya Lehman Brothers Holdings Inc pada 2008, karena laporan menunjukkan pertumbuhan manufaktur China, AS dan Eropa melambat pada Mei. Hal ini menambah indikasi bahwa momentum melemah dalam ekonomi global menghadapi masalah dari biaya komoditas dan guncangan keuangan.

Trichet memberikan sinyal pertama mendukung langkah-langkah yang mendorong investor membeli obligasi Yunani baru, untuk menggantikan efek jatuh tempo, menyusul upaya pemerintah membendung krisis utangnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kepada Presiden Barack Obama bahwa “Wwilayah euro akan mengatasi krisis utang dan bersatu bersama," kata Steffen Seibert, kepala juru bicara Merkel, setelah kedua pemimpin bertemu di Washington.

Mazda Motor Corp, produsen mobil Jepang yang mendapat sekitar 18% penjualan dari Eropa, naik 1% di Tokyo. HTC Corp, pembuat smartphone yang memfaktorkan Eropa sebagai sumber pendapatan terbesar kedua, naik 3,6% di Taipei. Billabong International Ltd, pembuat surfwear terbesar dunia yang mendapat 23% penjualan dari Eropa, naik 0,7% di Sydney.

Toyota Motor Corp naik 2,2% di Tokyo. Perusahaan itu mengatakan akan mengumumkan pendapatan penuh tahun prakiraan untuk tahun yang berakhir Maret 2012 pada 10 Juni. Produsen telah menunda pengumuman tersebut karena gangguan rantai pasokan dari gempa telah menyulitkan prediksi tingkat produksi.

Tokyo Electric naik 4,4%, setelah terjun 28% terendah kemarin. Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan likuidasi perusahaan listrik itu harus dihindari untuk melindungi hak korban bencana atas kompensasi. Edano menanggapi komentar kemarin oleh Ketua Bursa Saham Tokyo Atsushi Saito, yang mengatakan Tokyo Electric harus dimasukkan ke dalam perlindungan kebangkrutan.

Sony Corp, pembuat konsol game PlayStation dan televisi Bravia, turun 1,5% di Tokyo, hari keempat penurunan. Sony mengatakan situs Brasil diserang penyusup cyber, dua hari setelah hacker menyerang situs Eropa. Serangan Hacker sejak April yang mencapai lebih dari 100 juta rekening nasabah, akan membebankan biaya perusahaan senilai 14 miliar yen (US$ 175 juta).

Canon Inc, pembuat kamera terbesar di dunia, merosot 2,6%, setelah mengumumkan menyelesaikan pembelian kembali 50 miliar yen saham. Macquarie Group Ltd, bank investasi terbesar Australia merosot 2,1% di Sydney, setelah Citigroup menurunkan rating menjadi jual dari hold. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar