Selasa, 07 Juni 2011

Sesi Dua, Cermati Saham Sektor Konsumsi

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Koreksi bursa saham domestik siang ini berpotensi berlanjut hingga penutupan. Namun, investor bisa cermati saham yang sudah anjlok dalam, terutama di sektor konsumsi.

Analis Panin Securities Purwoko Sartono memperkirakan, pergerakan indeks lokal hingga penutupan sore nanti berpeluang melemah. “Indeks akan bergerak dalam kisaran support 3.800 dan 3.850 sebagai level resistance-nya,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (7/6).

Menurutnya, koreksi indeks hari ini dipicu pergerakan bursa regional yang masih negatif. “Sebab, pasar masih merespon rilis data makro ekonomi AS akhir pekan lalu yang angkanya mengecewakan,” ujarnya.

Sektor swasta AS (non-farm payrolls) hanya menambah 54 ribu pekerjaan pada Mei atau jauh lebih rendah dibandingkan estimasi 150 ribu dan revisi turun data April menjadi 232 ribu. Begitu juga dengan tingkat pengangguran yang justru naik ke level 9,1% pada Mei 2011 dari 9% pada bulan sebelumnya.

Di sisi lain, lanjut Purwoko, pasar juga masih menunggu kepastian bailout di Yunani. Kondisi itu, berpengaruh pada volatilitas harga komoditas.

Sementara itu, dari dalam negeri, pasar khawatir terkait isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) seiring tingginya harga minyak mentah dunia. Artinya, kenaikan harga minyak sudah mengancam defisit semakin besar. “Meski hari ini harga minyak turun ke level US$98-an per barel, angka ini masih relatif tinggi,” timpalnya.

Karena itu, lanjutnya, indeks domestik belum bisa keluar dari area negatif. “Kalaupun berhasil mendarat di teritori positif, dalam beberapa waktu ke depan, IHSG masih akan sideways,” tandas Purwoko.

Dalam situasi ini, Purwoko menyarankan strategi beli saham-saham yang sudah mengalami penurunan dalam terutama saham-saham di sektor konsumsi. Saham-saham pilihannya adalah PT Gudang Garam (GGRM), PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) dan PT Indofood Sukses Makmur (INDF). “Saya rekomendasikan buy on weakness ketiga saham tersebut,” imbuhnya. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar