Kamis, 23 Juni 2011

Fed Siap-siap Pukul Bursa Eropa

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Saham Eropa diperkirakan bakal dibuka melemah pada Kamis (23/6) setelah ditutup melemah pada hari Rabu menjelang pertemuan Federal Reserve yang berakhir dengan Ben Bernanke mengumumkan prakiraan pertumbuhan direvisi 2,7-2,9 persen tahun ini, turun dari perkiraan April 3,1-3, 3 persen.

Mengutip Reuters, FTSE diperkirakan akan dibuka turun 30 poin ke level 5.743, DAX Jerman diperkirakan akan turun 32 poin ke 7.246 dan CAC 40 di Paris turun 23 poin ke 3.848. London FTSE ditutup turun 2,32 poin di 5.772,99 Rabu, indeks DAX turun 7,32 poin ke 7.278,19 dan Perancis CAC 40 juga turun 5,70 poin ke 3.871,37. Semua indeks utama Eropa turun untuk dua dari tiga hari perdagangan terakhir. Saham Philips terjadi penjualan besar setelah perusahaan mengeluarkan peringatan keuntungan.

Saham Asia juga diperdagangkan lebih rendah pada hari Kamis di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi AS, dengan para investor mengambil penilaian terhadap Ben Bernanke sebagai sinyal untuk menjual saham setelah rally empat hari. Saham AS jatuh pada jam terakhir perdagangan untuk ditutup lebih rendah Rabu akibat ketua Fed tidak memberikan indikasi rencana stimulus lebih lanjut.

Euro jatuh ke $ 1,4305 pada hari Kamis, juga off dari level tertingginya mendekati $ 1,4441 Rabu, sementara sterling Inggris mencapai titik terendah dalam tiga bulan di Asia setelah Bank of England menaikkan prospek pelonggaran kuantitatif lebih lanjut, kontras dengan Federal Reserve. Sterling jatuh ke $ 1,6047, level terendah sejak 1 April dan juga melemah terhadap euro, yang naik ke level tertingginya dalam dua minggu di 89,53 pence.

Kepala negara Uni Eropa akan menghadiri makan malam pada hari Kamis, diikuti dengan konferensi pers menjelang pertemuan Dewan Eropa pada hari Jumat di mana kebijakan ekonomi, migrasi dan aksesi Kroasia ke Uni Eropa diperkirakan menjadi agenda.

Sebuah sesi pleno Parlemen Eropa juga akan berlangsung untuk menetapkan Kepala Bank of Italy Mario Draghi menggantikan Jean Claude Trichet di Bank Sentral Eropa.

Dewan IMF akan bertemu dengan Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde pada hari Kamis di Washington DC, sementara pesaingnya Agustin Carstens bertemu dengan dewan pada Selasa. Proses seleksi diharapkan akan selesai pada 30 Juni dengan pertemuan anggota dewan pada 28 Juni untuk membahas dua kandidat menjelang suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar