Selasa, 16 Agustus 2011

Fokus Pada Saham Sektor Domestik

INILAH.COM, Jakarta - Bursa saham Indonesia pada perdagangan Selasa (16/8) akan melanjutkan penguatan. Saham yang fokus pada pasar domestik bisa menjadi pilihan.

Pardomuan Sihombing, analis dari Recapital Securities mengatakan, IHSG hari ini akan melanjutkan penguatan, karena sejak perdagangan kemarin sudah konfirmasi berbalik arah,"Apresiasi indeks didukung oleh data fundamental, eksternal dan domestik," ujarnya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, sentimen eksternal berasal dari utang AS sudah mereda. Investor menilai, AS justru bisa menghindar dari resiko default utang tanpa menaikkan suku bunga acuan.

Sedangkan dari dalam negri, investor berharap ada stimulus pada nota keuangan 2011. Kemungkinan besar Pemerintah belum akan menaikkan harga BBM bersubsidi, kendati situasi saat ini memungkinkan adjustment karena purchasing power masyarakat kuat.

Di tengah situasi ini, Domu merekomendasikan saham-saham unggulan yang berorientasi pada pasar domestik. Pilihannya adalah Astra International (ASII), Indofood Sukses Makmur (INDF), Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), Mitra Adiperkasa (MAPI), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Bank Mandiri (BMRI) dan Bank Tabungan Negara (BBTN),"Rekomendasi beli emiten-emiten ini," tutupnya.

Indeks Harga Saham Gabungan pada Senin (15/8) ditutup menguat 69,496 poin (1,79%) ke level 3.960,022, dengan intraday tertinggi di 3.960,52 dan terendah di 3.890,80. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia didukung volume transaksi sebesar 5,6 miliar lembar saham, senilai Rp 4,7 triliun dan frekuensi 149.847 kali.

Sebanyak 208 saham naik, 38 saham turun, dan 59 saham stagnan. Kendati menguat, aliran dana asing terlihat keluar dari pasar, dengan nilai transaksi jual bersih (net foreign sell) mencapai Rpp1,504 miliar. Rinciannya adalah transaksi jual sebesar Rp1,442 triliun dan transaksi beli mencapai Rp1,440 triliun. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar