Selasa, 16 Agustus 2011

KBUMN masih Proses IPO Semen Baturaja & Pegadaian

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT Semen Baturaja dan Perum , bakal melepas sahamnya ke publik (initial public offering/IPO) pada 2012.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan, pada tahun ini tidak ada perusahaan pelat merah yang akan kembali menggelar IPO. Namun pada 2012, minimal ada 2 perusahaan BUMN yang akan melepas sahamnya ke publik yaitu PT Semen Baturaja dan Perum Pegadaian.

"Jadi 2012 paling sedikit 2 BUMN Semen Baturaja dan Perum Pegadaian sekarang sedang dalam proses. Mudah-mudahan 2012 siapa IPO," ungkap Mustafa dalam jumpa pers di kantor pusat Ditjen Pajak Jakarta, Selasa (16/8).

Untuk Pegadaian, akan terlebih dahulu berubah menjadi perseroan terbatas (PT) untuk memenuhi syarat IPO. Menurutnya, kedua perusahaan tersebut jauh lebih siap ketimbang perusahaan pelagt merah lainnya.

Selain dua perusahaan tersebut, lanjutnya, ada dua anak perusahaan pelat merah yang juga akan melakukan langkah tersebut yaitu PT Tugu Pratama anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan anak usaha PT Krakatau Steel Tbk.

Sementara untuk perusahaan BUMN yang akan melakukan right issue hingga jumlah saham yang dilepas ke publik mencapai 40% adalah PT Kimia Farma Tbk, Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), dan beberapa perusahaan pelat merah lainnya.

"Tujuan selain menyerap dana murah di pasar juga agar mendapatkan insentif atau diskon pajak sebesar 5 persen kalau melepas sahamnya ke publik hingga 40 persen," paparnya. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar