Rabu, 10 Agustus 2011

Saham Asia Melonjak, Ikuti Reli Wall Street

Headline
INILAH.COM, Sydney - Saham Asia melambung tinggi pada Rabu (10/8), karena investor melangkah kembali ke pasar ekuitas, menyusul kerugian besar baru-baru ini. Sentimen dibantu reli di saham AS semalam.

Pada awal perdagangan, Nikkei Stock Average naik 1,7% dan meredam kerugian mingguan untuk indeks menjadi 5,7%. Sedangkan kenaikan 2,4% untuk indeks S & P/ ASX 200 Australia, memangkas kerugian di Sydney dalam periode yang sama menjadi 4,6%. Adapun kenaikan 3,2% di Kospi Korea Selatan mengurangi kerugian mingguan menjadi 10,2%.

Akibat kekhawatiran potensi resesi global atas utang AS dan Eropa, investor telah melepas saham selama sepekan terakhir, dengan saham Hong Kong turun lebih dari 12% dan saham Korea turun hampir 13%.

Penguatan bursa Asia hari ini dipimpin saham komoditas, bank dan eksportir .

BHP Billiton Ltd naik 3,1% di Sydney, meredam kerugian mingguan menjadi 8,1%. Inpex Corp Jepang naik 2,2%, mengurangi penurunan mingguan 15,2%. Saham unggulan Korea, LG Electronics Corp naik 4,6%, meredam koreksi mingguan 20,4%.

Apresiasi ini terjadi menyusul janji Federal Reserve AS untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat sangat rendah hingga pertengahan 2013. Ini membantu menenangkan kekhawatiran dan mendongkrak saham AS menjelang penutupan ke level yang lebih tinggi, dengan Dow Jones ditutup naik 4%.

"Pernyataan FOMC meyakinkan pasar bahwa Fed akan tetap terlibat dan menjaga suku bunga di tingkat sangat rendah untuk dua tahun ke depan," kata ahli strategi di Barclays Capital. Demikian dikutip dari Yahoo.com.

"Mengingat dukungan kebijakan, pergeseran bertahap dalam kombinasi kebijakan, dan potensi penilaian yang tersedia di banyak pasar, kita berharap pasar segera pulih," katanya. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar