Rabu, 03 Agustus 2011

Sejak awal tahun, Makinta Mantap torehkan return tertinggi reksadana saham

JAKARTA. Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terjadi beberapa hari belakangan, turut memoles kinerja reksadana saham. Dilihat dari awal tahun sampai 31 Juli tahun 2011 ini, terdapat 13 produk reksadana saham yang mampu menorehkan imbal hasil (return) di atas kenaikan return IHSG periode yang sama, sebesar 11,54%.

Mengacu data PT Infovesta Utama, produk Makinta Mantap berhasil menempati urutan teratas dengan mencetak return sebesar 33,48%. Di urutan kedua dan ketiga adalah Panin Dana Maksima dan TRIM kapital yang masing-masing mengantongi imbal hasil sebesar 21,28% dan 18,75%.

Sementara itu, produk yang masih terkoreksi atau kinerjanya negatif di periode yang sama adalah produk Mega Dana Ekuitas yang returnnya terpangkas 6,94%. Kemudian disusul produk OSK Nusadana Alpha Sector Rotation yang juga terkoreksi 4,73% dan Danareksa Mawar Fokus 10 yang juga turun 2,95%.

Tidak hanya untuk periode year to date (ytd), ternyata Makinta Mantap, produk milik Makinta Securities, masih menduduki posisi tertinggi untuk kenaikan imbal hasil selama sebulan (30 Juni-31 Juli 2011) atau month to month (mom) dengan mencatatatkan kenaikan return sebesar 16,59%. Lalu diikuti oleh produk Makinta Growth Fund yang juga terangkat 13,88% di periode yang sama.

Sebagai catatan, rata-rata kenaikan seluruh produk reksadana saham selama sebulan terakhir sebesar 6,79%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar