Rabu, 03 Agustus 2011

Warning penurunan peringkat AS bikin bursa Asia jeblok

Warning penurunan peringkat AS bikin bursa Asia jeblok
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia masih dilanda aksi jual hingga transaksi sore ini. Saham-saham eksportir anjlok setelah sejumlah lembaga pemeringkat memberikan warning akan kemungkinan penurunan rating kredit AS. Selain itu, data mengenai anggaran belanja konsumen juga cukup mengecewakan.

Pada pukul 15.47 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 2,4% menjadi 133,38. Dengan demikian, dalam dua hari belakangan, indeks acuan di kawasan regional ini sudah jeblok 4%, yang merupakan penurunan dua harian terbesar sejak 15 Maret lalu.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 2,1%, indeks Kospi turun 2,6%, indeks S&P/ASX 200 turun 2,3%, dan indeks Hang Seng turun 2,1%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Li & Fung Ltd anjlok 5% di Hongkong, BHP Billiton Ldt turun 3,4% di Sydney, dan BlueScope Steel Ltd anjlok 5,4% di Sydney. Selain itu, penurunan juga dialami Honda Motor Co sebesar 3,2% di Tokyo.

"Dengan adanya isu batasan utang AS, pasar saham saat ini fokus pada fundamental ekonomi AS yang saat ini terlihat melempem," jelas Prasadn Patkar, analis Platypus Asset Management Ltd di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar