Rabu, 03 Agustus 2011

Terjungkal hebat, kenaikan Wall Street dalam setahun terakhir terhapus sudah

Terjungkal hebat, kenaikan Wall Street dalam setahun terakhir terhapus sudah
NEW YORK. Bursa AS kembali terjungkal hebat dalam transaksi kemarin malam. Penurunannya bahkan menghapus kenaikan pada Standard & Poor's 500 Index di sepanjang 2011.

Pada penutupan pukul 16.00 waktu New York, indeks S&P 500 melorot hingga 2,6% menjadi 1.254,05. Itu merupakan penurunan terbesar dalam setahun terakhir sehingga mengantarkan indeks S&P 500 ke level terendah dalam tujuh bulan belakangan.

Penurunan tajam juga melanda indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 2,2% menjadi 11.866,62.

Sejumlah saham yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa AS antara lain: United Technologies Corp dan Caterpillar Inc yang masing-masing anjlok 3,5%. Penurunan juga dialami Ford Motor Co sebesar 4,2% dan Coach Inc yang melorot 6,5%. Sementara itu, Dow Jones Transportation Average mencatatkan penurunan sektoral terbesar dengan penurunan 3,7%.

"Saat ini, data perekonomian cukup buruk. Setelah hilang kecemasan akan batasan utang AS, fokus investor beralih pada pertumbuhan ekonomi. Investor melihat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi, sehingga mereka memilih untuk menyelamatkan diri," urai Mark Bronzo, money manager Security Global Investor di New York.

Penurunan saham kali ini disebabkan adanya penurunan dalam anggaran belanja konsumen AS secara tidak terduga. Data Departemen Perdagangan AS menunjukkan, tingkat pembelian konsumen pada Juli turun 0,2%, setelah naik 0,1% pada bulan sebelumnya. Ini merupakan penurunan pertama dalam dua tahun terakhir. Sementara itu, nilai tengah 77 analis yang disurvei Bloomberg memprediksi adanya kenaikan belanja konsumen sebesar 0,1%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar