Rabu, 03 Agustus 2011

Saham-saham eksportir jeblok, bursa Asia anjlok

Saham-saham eksportir jeblok, bursa Asia anjlok
TOKYO. Sebagian besar bursa Asia ditransaksikan melorot pada pembukaan pagi ini. Saham-saham eksportir jeblok setelah data menunjukkan adanya penurunan di luar prediksi atas anggaran belanja konsumen AS sehingga meningkatkan kecemasan kalau pertumbuhan di Negeri Paman Sam itu melambat.

Pada pukul 09.20 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific anjlok 1,5% menjadi 134,52. Dengan demikian, penurunan yang dialami bursa Asia dalam dua hari belakangan mencapai 3,2%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 1,7%, indeks Kospi Korea Selatan turun 2,2%, dan indeks S&P/ASX 200 turun 1,9%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: BHP Billiton Ltd anjlok 3,1% di Sydney, BlueScope Steel Ltd anjlok 6,3%, Honda Motor Co turun 2,1%, serta Samsung Electronics Co melorot 2,2%.

"Kecemasan mengenai perlambatan ekonomi AS kian meningkat. Kenaikan pendapatan pribadi juga rendah dan uang tidak dibelanjakan untuk mendorong ekonomi AS," papar Hiroichi Nishi, equities manager SMBC Nikko Securities Inc di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar