Rabu, 03 Agustus 2011

Tersengat AS, bursa Jepang alami penurunan terbesar dalam empat bulan

Tersengat AS, bursa Jepang alami penurunan terbesar dalam empat bulan
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Jepang dilanda aksi jual, terseret sentimen global dari AS. Bahkan, indeks acuan di Negeri Sakura itu mengalami penurunan terbesar dalam empat bulan terakhir setelah adanya penurunan anggaran belanja konsumen AS secara tidak terduga. Kondisi itu meningkatkan kecemasan investor kalau perekonomian AS melambat sehingga akan turut memukul perusahaan eksportir Jepang.

Pada pukul 09.08 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 1,8% menjadi 9.669,02. Sedangkan indeks Topix turun 1,7% menjadi 829,67. Kedua indeks tersebut sama-sama mengalami penurunan terbesar sejak 15 Maret lalu.

Saham-saham yang mengalami penurunan pagi ini diantaranya: Honda Motor Co yang turun 1,6%, Canon Inc turun 1,9%, dan Mitsubishi UFJ Financial group Inc yang turun 2,5%.

"Kecemasan mengenai perlambatan ekonomi AS kian meningkat. Kenaikan pendapatan pribadi juga rendah dan uang tidak dibelanjakan untuk mendorong ekonomi AS," papar Hiroichi Nishi, equities manager SMBC Nikko Securities Inc di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar