Senin, 06 Juni 2011

Bursa Eropa Diperkirakan Dibuka Melemah

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka melemah pada Senin (6/6) setelah jatuh ke level terendah dalam dua setengah bulan akhir pekan lalu akibat pelemahan data tenaga kerja AS.

Mengutip Reuters, Indeks FTSE 100 dan CAC 40 diperkirakan akan dibuka turun 12 poin, sementara DAX Jerman turun 2 poin. Saham Eropa jatuh pada sesi Jumat malam ketika Yunani mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pembicaraan dengan tim inspeksi dari Uni Eropa/IMF, berpotensi membuka jalan bagi pinjaman baru kepada negara-negara yang terutang dan reli saham memicu pemulihan di Yunani.

Di Asia, Australia dan Jepang saham melemah didera kekhawatiran pelemahan data pekerja AS yang mendorong investor untuk mengambil sikap defensif. Euro yang sebelumnya mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari empat minggu pada $ 1,4656 per dolar AS tergelincir ke posisi terendah terbaru dalam satu bulan terhadap pada Senin.

Mata uang tunggal euro ini tertolong oleh berita bahwa Yunani yang akan menerima bantuan, sedangkan indeks dolar turun menjadi 73,71, terendah tsejak 5 Mei.

Dalam berita politik, Kanselir Jerman Angela Merkel akan memulai tur dua hari ke Amerika Serikat pada hari Senin. Dia akan menghadiri makan malam yang diselenggarakan oleh Presiden Obama di Washington pukul 19.00 waktu setempat. Pjs kepala IMF John Lipsky tiba di London pada hari Senin untuk kunjungan dua hari, sebelum pergi ke Tokyo dan Cina pada tanggal 8-10 Juni.

Mantan Ketua IMF Dominique Strauss Kahn akan kembali ke pengadilan pada Senin atas tuduhan terkait dengan tuduhan penyerangan di sebuah kamar hotel di New York pada tanggal 14 Mei. Di Portugal, pemimpin Sosialis Jose Socrates pada Minggu malam mengumumkan bahwa ia akan segera mengundurkan diri sebagai ketua partai setelah Pedro Passos Coelho dari Sosial Demokrat memenangkan pemilihan dengan 38,6 persen menjadi 28,1 persen suara Sosialis.

Coelho bersumpah untuk memastikan bahwa Portugal akan menghormati persyaratan bailout dari Uni Eropa. Data PPI Uni Eropa untuk bulan April akan dirilis pukul 10:00 waktu London pada hari Senin dan angka April produksi industri untuk Spanyolkeluar pada jam 8:00.

Rilis perusahaan utama termasuk jumlah lalu lintas udara di Berlin untuk Mei keluar pada pukul 07:00. Juga pada Senin, IG Group merilis data perdagangan kuartal keempat dalam hubungannya dengan raksasa asuransi Prudential. Di AS, CEO Apple Steve Jobs akan memperkenalkan iCloud pada konferensi tahunan perusahaan untuk pengembang perangkat lunak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar