Senin, 06 Juni 2011

IHSG 4.000? Tidak Perlu Konfirmasi

INILAH.COM, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan secara optimistis diperkirakan akan melesat ke level 4.000. Kendati ada beberapa koreksi dan sentimen negatif, pelaku pasar dinilai tidak perlu menunggu konfirmasi.

Hal ini diungkapkan Yuganur Wijanarko, periset senior HD Capital pada Senin (6/6). Menurutnya, IHSG akan segera menuju level 4.000. Sedangkan secara fundamental, seharusnya IHSG diperdagankan di level 4.200 dengan asumsi PER 2011 sebesar 16 kali.

Meskipun analis teknikal yang berbasis di Zurich, Swiss berpendapat bahwa menurut Elliot Wave, IHSG akan mengalami koreksi besar sebelum menguat lebih lanjut, Yuga menilai hal itu tidak akan terjadi. “Investor tidak perlu menunggu koreksi ke level 3.700,” ujarnya.

Salah satu sentimen positif yang mendongkrak pasar adalah data inflasi terkendali akibat menguatnya rupiah dibawah 9.000 per dolar AS. Hal ini akan mendorong BI rate bertahan untuk Juni ini, sehingga pertumbuhan ekonomi akan sesuai target.

Selain beberapa katalis lain seperti pengesahan peraturan akuisisi tanah oleh pemerintah, valuasi saham yang menjadi menarik pascalaporan keuangan kuartal pertama 2011 dan upgrade rating Indonesia ke investment grade yang dapat memperbaiki akses korporasi Indonesia kepada pinjaman luar negeri (terutama Bakrie grup).

“Semua sentimen ini dapat mendorong IHSG menembus angka 4.000 pada Juni ini,” katanya. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar