Senin, 13 Juni 2011

Bursa Eropa Senin (13/6) Diprediksi Dibuka Menguat

Bursa Eropa Senin (13/6) Diprediksi Dibuka Menguat
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan dibuka menguat Senin (13/6) setelah jatuh ke level terendah dalam 3 bulan pada hari Jumat dan mencatat kejatuhan selama 6 hari berturut-turut akibat data surplus perdagangan China yang di luar ekspektasi.

Mengutip Reuters, FTSE diperkirakan akan dibuka naik 5 poin pada hari Senin di 5.770, DAX diperkirakan naik 3 poin ke 7.073 dan CAC 40 di Perancis naik 2 poin ke 3.807. FTSE London ditutup turun 90,54 poin pada hari Jumat di 5.765,80, indeks DAX turun 89,76 poin ke 7.069,90 dan CAC40 Paris ditutup 73,56 poin di 3.805,09.

Di AS, saham ditutup mendekati posisi terendah sesi Jumat dengan Dow jatuh di bawah 12.000 untuk angka terendah selama seminggu, pertanda perlambatan ekonomi global lebih lanjut. Di Asia, saham tergelincir pada hari Senin akibat pelemahan data ekspor China memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan kekhawatiran atas utang zona euro yang meningkatkan keengganan investor untuk berinvestasi di aset berisiko.

CNBC Asia FTSE 100 Index, turun 0,9 persen, sedangkan harga saham Jepang jatuh karena jatuhnya pesanan mesin secara mengejutkan di dalam negeri. Euro naik tipis terhadap dolar pada hari Senin, memantul kembali dari sebelumnya melemah akibat keraguan bailout kedua utang Yunani dan mengurangi untuk kenaikan suku bunga zona euro.

Ketua Eurogroup Jean-Claude Juncker mengatakan kepada surat kabar London 'Telegraph' bahwa harus ada partisipasi kreditor swasta dalam restrukturisasi utang "lunak" Yunani, tetapi harus sukarela. Pernyataannya muncul akibat bank Jerman dan Perancis tampaknya lebih condong ke arah berkontribusi untuk menyelamatkan orang-orang Yunani, bahkan masih belum jelas bagaimana mereka bisa melakukannya tanpa memicu default.

Hasil pemilu Turki akan diumumkan pada hari Senin, dengan Partai AK yang berkuasa saat ini dipimpin oleh Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan diperkirakan memenangkan masa jabatan ketiganya.

Hasil awal menunjukkan partai Erdogan memenangkan sekitar 50 persen kursi dalam pemilihan hari Minggu. Presiden Bank Sentral Eropa Jean Claude Trichet akan berada di London untuk berbicara di London School of Economics mengenai krisis keuangan terbaru dan peran ECB.

Data ekonomi keluar pada Senin, termasuk data dari produksi industri Italia untuk April, yang akan diumumkan pikul 9:00 waktu London. Pasar di Jerman dan Perancis akan dibuka pada hari Senin meskipun hari libur nasional di kedua negara, tetapi pasar Swiss akan ditutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar