Rabu, 08 Juni 2011

Sinyal Beli Saham BUMI

INILAH.COM, Jakarta - Laju saham BUMI, diprediksi akan menguat signifikan dalam dua-tiga hari ke depan setelah ditutup stagnan Selasa (7/6). Candle dan indikator teknikal baik stochastic maupun MACD mensinyalkan beli.

Technical analyst dari Jsxpro.com Tommy Yu mengatakan, dari sisi candle teknikalnya, potensi penguatan saham PT Bumi Resources (BUMI) signifikan setelah ditutup stagnan kemarin dengan volume yang mengecil. Padahal, sebelumnya saham ini menguat signifikan dengan volume yang besar. Apalagi, sebulan sebelumnya saham ini berada dalam short term down trend.

Penguatan BUMI juga, didukung oleh indikator teknikalnya. Baik dari stochastic maupun dari indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD)-nya, menunjukkan saham sejuta umat ini akan crossing ke atas (golden cross). “Ini merupakan sinyal kuat atau mengkonfirmasi, buy saham BUMI. Jadi, dilihat dari candle dan indikatornya, mengonfirmasi untuk masuk di saham ini,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Selasa (7/6) saham BUMI ditutup stagnan di level Rp3.450. Harga intraday tertingginya mencapai Rp3.450 dan terendah Rp3.400. Volume transaksi mencapai 88,8 juta unit saham senilai Rp304,7 miliar dan frekuensi 2.546 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah stagnan di level Rp3.450, bagaimana Anda memperkirakan laju saham BUMI hari ini?

Ada potensi penguatan di saham ini. Salah satunya bisa dilihat dari candle teknikalnya. Stagnan-nya level penutupan saham ini kemarin diiringi volume transaksi yang mengecil. Dari 130,1 juta unit saham Senin (6/6) menjadi 88,8 juta unit saham kemarin, Selasa (7/6). Artinya, setelah naik kencang awal pekan ini, investor istirahat sebentar. Lalu, dua atau tiga candle lagi saham sejuta umat ini akan naik.

Sejak pekan pertama Mei 2011 tepatnya pada Jumat (6/5) hingga Jumat (3/6) di pekan pertama Juni (1 bulan), saham BUMI mengalami short term down trend. Lalu, pada 6 Juni, saham sejuta umat ini berhasil melaju ke atas dengan volume transaksi yang cukup besar dan berhasil menembus Exponential Moving Average (EMA)-20.

Akan bergerak di kisaran berapa?

Level support BUMI Rp3.300 dan Rp3.600-3.650 sebagai level resistance-nya. Meski saat ini market berada dalam masa sideways sehingga arahnya tidak jelas mau ke mana arahnya, saham BUMI masih menjanjikan setelah Senin (6/6) menguat hampir 3%. Kemarin saham ini pullback sehingga ditutup stagnan di level Rp3.450 dengan volume transaksi yang mengecil. Karena itu, peluang penguatan saham BUMI akan berlanjut signifikan meskipun belum tentu hari ini.

Karena itu, saham BUMI bertenaga mencapai level resistance-nya. Resistance tersebut sekaligus target terdekat bagi swing untuk trader jangka pendek. Karena itu, hari ini kecenderungannya naik meskipun tidak signifikan atau dalam kisaran sempit. Tapi, secara umum, saham BUMI akan menguat. Berhenti dulu dua atau tiga hari, setelah itu akan kembali melanjutkan penguatan.

Kalau begitu, level berapa yang merupakan angka yang bahaya?

Selama level support atau level cut loss Rp3.300 tidak ditembus ke bawah, saham ini masih akan menguat. Kecuali, jika saham ini tembus level tersebut ke level Rp3.225. Ini merupakan level bahaya sehingga harus dilepas. Tapi, peluang tembus ke level tersebut kecil.

Selain faktor candle, apakah indikator lain mendukung penguatan saham BUMI?

Dilihat dari indikator teknikalnya pun mendukung penguatan saham BUMI baik dari stochastic-nya maupun dari indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD)-nya. Dua indikator ini menunjukkan saham BUMI akan crossing ke atas (golden cross). Ini merupakan sinyal kuat atau mengkonfirmasi, buy saham BUMI. Jadi, dilihat dari candle dan indikatornya, mengkonfirmasi untuk masuk di saham ini.

Bagaimana strategi trading di saham ini?

Saya rekomendasikan beli di level BUMI saat ini dan jual di level resistance Rp3.600-3.650 untuk trading jangka pendek. Jika masuk di level Rp3.450, trader bisa mendapat gain hingga Rp150-200 per saham atau 5-6%.

Sementara itu, bagi investor jangka panjang, bisa buy atau hold bagi yang sudah punya posisi karena trend saham ini masih naik. Untuk jangka panjang, saham BUMI masih punya tenaga menguat ke level Rp3.900-4.000 per saham. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar