Jumat, 01 Juli 2011

PTBA Rampungkan Pembelian Saham BATR

Headline
INILAH.COM, Jakarta – PT Bukit Asam PTBA (Persero) berencana menyeleasaikan penambahan kepemilikan saham atas PT Bukit Asam Transpacific Railway (BATR) paling lambat November 2011.

Adapun penambahan kepemilikan saham tersebut adalah dari 10% menjadi 30%. “Paling lambat November 2011,” tukas Direktur Utama PTBA, Sukrisno di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Jum’at (1/6).

Sukrisno menjelaskan, penambahan kepemilikan saham dilakukan melalui pembelian saham yang sebelumnya dimiliki oleh Rajawali Corporation sebesar 20%. Sementara atas kepemilikan 20% saham yang baru ini, pihaknya memperkirakan akan menghabiskan dana sekitar US$320 juta.

“Jadi 70% dana tersebut akan diusahakan dari pinjaman Bank, sementara sisanya dari kas internal perusahaan. Untuk (saham) 20% itu, 30% equity, 70% pinjaman dari Bank,” ujar dia. Dengan penambahan kepemilikan ini, maka komposisi kepemilikan saham nantinya adalah 30% (PTBA), 10% (CREC), dan 60% (Rajawali).

BATR merupakan perusahaan konsorsium antara PTBA, China Railway Engineering Corporation (CREC) dan Rajawali Corp. Pembentukannya sendiri terkait dengan proyek pembangunan rel kereta api sepanjang 300 km untuk menghubungkan tambang perusahaan yang berada di Bangko Tengah, Sumatera Selatan ke terminal batubara Tarahan di Lampung.

Atas kepemilikan saham ini, masing-masing perusahaan memiliki porsi 10% untuk PTBA, 10% untuk CREC, dan 80% untuk Rajawali Corp. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar