Selasa, 23 Agustus 2011

TCID tunda pemindahan produksi dari Jepang ke Indonesia

JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) terpaksa menunda proses pemindahan produksi beberapa produknya dari Jepang ke Indonesia. Pemindahan itu awalnyanya bakal mulai dilakukan pada semester II tahun ini. Namun, rencana itu kandas setelah Jepang diterjang bencana gempa dan tsunami awal Maret silam.

Kepala Hubungan Masyarakat TCID Alia Risyamaya Dewi mengungkapkan, kantor pusat dan pabrik Mandom di Jepang sebenarnya tidak terkena gempa dan tsunami. Masalahnya, beberapa pemasok bahan baku Mandom di sana banyak yang berhenti beroperasi karena diterjang bencana dahsyat itu. Hal tersebut membuat produksi pabrik Mandom di Jepang terhambat. "Karena kondisi itu, kami terpaksa menunda pemindahan produksi yang kemungkinan hingga awal 2012 nanti," ujar Alia kepada KONTAN, Selasa (23/8).

Alia bilang, pemindahan produksi itu memang tidak dilakukan secara sporadis. Sebagai tahap pertama, Perseroan akan mengimpor beberapa produk terutama dari varian minyak rambut Gatsby. Pabrik Mandom Jepang memiliki varian Gatsby yang cukup laku di beberapa negara seperti Taiwan tapi belum dipasarkan di Indonesia. Impor ini dilakukan untuk melihat respon masyarakat atas varian Gatsby tersebut.

Jika respon pasar nasional dirasa positif, Perseroan akan mengambil tindakan lanjutan termasuk memproduksi varian produk itu di Indonesia. "Itu setelah kami merasa bahwa produk itu diterima masyarakat Indonesia," imbuh Alia. Sayangnya, Alia belum bisa membeberkan taksiran investasi pemindahan produksi beberapa produk dari Jepang ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar