Selasa, 23 Agustus 2011

BUMI rencana buyback saham senilai Rp 3,9 triliun

BUMI rencana buyback saham senilai Rp 3,9 triliun
JAKARTA. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) sahamnya senilai Rp 3,9 triliun.

Dalam prospektus perseroan, Selasa (23/8), rencana buyback itu akan dibawa dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 26 september 2011. Jika terjadi kesepakatan, maka pelaksanaan buyback akan dilakukan paling lama 18 bulan setelah persetujuan RUPSLB.

Buyback saham BUMI ini dilakukan dalam rangka meningkatkan nilai pemegang saham dengan mengembalikan kelebihan arus kas bebas (excess free cash flow). Produsen batubara ini akan melakukan pembelian kembali maksimal sebanyak 780 juta saham, atau 3,75% dari total modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Perseroan dalam prospektus menyebutkan, saat ini komposisi pemegang saham BUMI yaitu Vallar Investments UK Limited sebesar 32,42%, dan sisanya 67,58% milik publik.

Buyback saham ini bakal dilakukan melalui bursa ataupun di luar bursa. BUMI telah menunjuk PT Danatama Makmur untuk menangani buyback saham perseroan melalui bursa.

Harga buyback saham BUMI adalah harga rata-rata dari penutupan perdagangan harian saham BUMI di bursa selama 90 hari terakhir sebelum tanggal buyback saham dilakukan perseroan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar