Selasa, 23 Agustus 2011

Venezuela Segera Tarik Cadangan Emasnya di Luar Negeri

Gb
Caracas - Venezuela akan segera menarik cadangan emasnya yang ada di luar negeri 'sesegera mungkin'. Meski belum ditetapkan tanggalnya, namun Venezuela sudah memulai proses pemulangan cadangan emasnya itu.

Presiden Bank Sentral Venezuela, Nelson Merentes mengatakan, cadangan emas batangan akan dibawa kembali ke Venezuela dengan pesawat di bawah 'sebuah protokol internasional yang sangat ketat'.

"Kami akan mengangkut cadangan sesegera mungkin. Saya tidak dapat memberikan tanggal namun karena kita berada di tengah menempatkan proses di tempat," katanya seperti dikutip dari AFP, Selasa (23/8/2011).

Presiden Venezuela Hugo Chavez, pekan lalu mengumumkan rencana untuk memulangkan 211,35 ton emas negara tersebut yang ada di luar negeri. Emas-emas yang akan ditarik pulang itu bernilai US$ 11 miliar. Sekitar 80% dari cadangan emas Venezuela ada di Inggris, terutama dalam pundi-pundi Bank Sentral Inggris.

"Tujuan jelas: memulangkan emas dan melindungi aset-aset lainnya," kata Merentes.

Chavez juga telah menyatakan keinginannya untuk memulihkan aset likuid atau obligasi yang dapat diperdagangkan senilai US$ 6,2 miliar yang dipegang oleh Swiss, Inggris, Perancis dan bank-bank AS untuk selanjutnya dipindahkan ke lembaga-lembaga dalam negara-negara 'bersahabat', seperti China, Rusia dan Brasil.

Keputusan Venezuela itu diambil ketika harga emas terus melambung tinggi menembus rekor tertingginya. Pada perdagangan Selasa ini, harga emas di pasar spot melonjak ke titik tertingginya di US$ 1.910 per unce, dan merupakan kenaikan bulanan tertinggi dalam 29 tahun terakhir.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar