Selasa, 23 Agustus 2011

Tampak cerah, bursa Asia terdongkrak saham berbasis ekspor

Tampak cerah, bursa Asia terdongkrak saham berbasis ekspor
TOKYO. Bursa Asia tampak cerah pagi ini. Dengan demikian, kenaikan tersbeut merupakan yang pertama kalinya dalam empat hari. Saham-saham berbasis ekspor melaju atas adanya spekulasi kalau the Federal Reserve akan mengumumkan kebijakan tambahan untuk mendongkrak pemulihan pertumbuhan di AS.

Beberapa saham eksportir yang naik antara lain: Samsung Electronics Co sebesar 3% di Seoul, Toyota Motor Corp naik 1,2% di Tokyo, dan Nikon Corp naik 2,9% di Tokyo.

Alhasil, pada pukul 10.47 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% menjadi 118,70. Sementara itu, indeks Nikkei naik 0,5%, indeks Kospi naik 2%, dan indeks S&P/ASX 200 naik 0,7%.

"Adanya isu akan digelontorkannya quantitative easing akan memberikan kelegaan dalam jangka pendek bagi pasar. Saya tidak memiliki ide bagaimana quantitative easing tambahan akan efektif. Pada dasarnya, masalah inti tak akan terpecahkan," jelas Pauline Dan, chief investment officer Samsung Asset Management.

Sepanjang tahun ini hingga kemarin, indeks MSCI Asia Pacific sudah melorot hingga 14%. Sementara, indeks S&P 500 turun 11% dan Stoxx Europe 600 Index turun 18%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar