Selasa, 23 Agustus 2011

ADRO akuisisi 75% saham perusahaan tambang batubara di Sumsel

ADRO akuisisi 75% saham perusahaan tambang batubara di Sumsel
JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melakukan ekspansi lahan tambang batubara. Kali ini, perseroan melalui anak usahanya PT Alam Tri Abadi mengakuisisi 75% saham PT Mustika Indah Permai (MIP).

MIP merupakan perusahaan tambang batubara yang tengah mengembangkan proyek batubara greenfiled di SUmatera Selatan, dengan luas lahan 2.000 hektare. Perusahaan ini memegang Izin Usaha Pertambangan selama 20 tahun, yang berlaku sejak April 2010.

Perseroan telah meneken perjanjian jual beli saham tersebut pada 19 Agustus 2011. Saham MIP itu diambil alih perseroan dari Elite Rich Investment Limited senilai US$ 222,5 juta.

Presiden Direktur ADRO Garibaldi Thohir mengatakan, investasi di MIP sebagai bagian dari upaya perseroan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan dari batubara Indonesia. "Dan sesuai visi kami menjadi kelompok perusahaan tambang dan energi Indonesia yang terkemuka," ujarnya, dalam keterbukaan informasi BEi, hari ini (23/8).

Garibaldi bilang, MIP ini salah satu dari beberapa peluang akuisisi, sejalan dengan pertumbuhan secara organik, yang akan memungkinkan ADRO untuk mencapai kapasitas produksi 80 juta ton dalam jangka menengah.

Sebelumnya, perseroan sudah melakukan evaluasi atas informasi geologi di MIP, dan menyimpulkan MIP punya potensi pertambangan batubara terbuka yang signifikan. Geologi batubara yang dimiliki MIP pun cukup seragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar