Rabu, 07 September 2011

Hore! Jerman Putuskan Bailout ke Eropa Sah

Headline
INILAH.COM, Berlin - Mahkamah Konstitusi Jerman menolak tuntutan hukum yang diajukan eurosceptics untuk menghalangi Jerman dalam paket bailout untuk Yunani dan negara Uni Eropa.

Dalam keputusan itu juga, Pengadilan Tinggi Jerman mengharapkan DPR memiliki keputusan penting dalam paket penyelamatan zona Eropa sebagai respon yang cepat terhadap bantuan untuk krisis di Uni Eropa, yang dikutip dari yahoofinance.com.

Namun keputusan yang dikeluarkan hari ini, Rabu (7/9) mengharuskan pemerintah meminta persetujuan dari Komite Anggaran parlemen sebelum memberikan paket tersebut. Namun keputusan ini tidak boleh diartikan sebagai cek kosong untuk penyelamatan di masa depan.

"Tuntutan konstitusional sudah ditolak. Ini adalah keputusan yang sangat penting dan tidak boleh keliru ditafsirkan sebagai otorisasi kosong dalam penyelamatan krisis," kata Presiden Pengadilan Tinggi Jerman, Andreas Vosskuhle.

Pakar ekonom Eropa di Barclays Capital, Thorsten Polleit menilai keputusan ini masih memiliki ketidakpastian karena belum jelas mekanisme penyelamatan yang akan mulai terlihat pada pertengahan 2013.

"Komite EFSF ini akan berakhir dan masih ada diskusi tentang pengaturan mekanisme stabilitas Eropa dan sejumlah negara belum membahas secara detail untuk masalah ini," katanya.

Kanselir Jerman, Angela Merkel menghadapi penolakan di majelis rendah perlemen dengan keputusan para pemimpin Uni Eropa bulan Juli lalu untuk memberikan dana segar dan dana bantuan melalui Fasiltias Stabilisasi Keuangan Eropa. Parlemen akan memberikan sikap melalui voting pada 29 September mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar