Senin, 27 Juni 2011

Waduh, bursa Asia alami penurunan terbesar dalam seminggu terakhir

Waduh, bursa Asia alami penurunan terbesar dalam seminggu terakhir
TOKYO. Sore ini, mayoritas saham di bursa Asia anjlok. Bahkan penurunannya merupakan yang paling besar dalam seminggu terakhir. Pada pukul 17.10 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 1,1% menjadi 130,78. Dengan demikian, bursa acuan Asia ini sudah melorot 6,1% dari posisi tertinggi tahun ini yang terjadi pada 2 Mei lalu.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang, indeks Kospi Korea Selatan, dan indeks S&P/ASX 200 masing-masing mengalami penurunan hingga 1%. Sedangkan indeks Hang Seng Hongkong turun 0,6% dan indeks Shanghai Composite China naik 0,4%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Toyota Motor Corp yang turun 2,3% di Tokyo, Samsung Electronics Co turun 2% di Seoul, dan Commonwealth Bank of Australia Ltd turun 1,3% di Sydney.

Rupanya, investor masih cemas akan kondisi ekonomi AS dan Yunani. "Konsumen merupakan kunci utama penggerak perekonomian AS. Jika kepercayaan konsumen AS terlihat lemah, hal itu akan menyeret ekonomi secara keseluruhan. Nah, jika pasar AS terguncang, secara otomatis pasar ekspor Asia juga ikut kena imbas," jelas Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investor Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar