Senin, 27 Juni 2011

Bakal Turun, Utang Yunani Hantui Bursa Eropa

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan dibuka melemah pada Senin (27/6) setelah semua indeks utama jatuh pada Jumat di tengah kekhawatiran sisa-sisa utang Yunani menjelang vote parlemen terhadap langkah-langkah penghematan baru yang berlangsung pada Rabu dan Kamis.

Reuters melaporkan FTSE diperkirakan dibuka turun 20 poin pada hari Senin di 5.678, DAX Jerman diperkirakan turun 25 poin ke 7.096 dan indeks CAC 40 di Perancis turun 15 poin ke 3.770. Pada hari Minggu, Wakil Perdana Menteri Yunani memperingatkan bahwa para anggota parlemen dapat memblokir beberapa reformasi, tetapi ia menambahkan bahwa parlemen Yunani masih mungkin untuk melewati langkah-langkah baru. London FTSE ditutup turun 17,22 poin ke 5.697,72 Jumat, sementara indeks DAX turun 42,67 poin ke 7.121,38 dan Perancis CAC 40 turun 38,94 poin ke 3.784,80.

Saham AS berakhir lebih rendah selama seminggu dengan Dow dan S & P ditutup turun untuk ketujuh dari delapan minggu karena kekhawatiran utang zona euro. Di Asia, saham jatuh Senin menjelang vote parlemen pekan ini dan meningkatnya kekhawatiran bahwa utang Yunani akan default.

Euro melayang tepat di atas rekor terendah terhadap franc Swiss pada hari Senin dan jatuh terhadap dolar, menetap di bawah tekanan karena ketidakpastian lebih pada utang. Mata uang tunggal mencapai rekor terendah 1,1800 terhadap franc Swiss safe haven pada hari Jumat, tetapi berdiri terakhir di 1,1826 pada Senin. Terhadap dolar, euro jatuh ke $ 1,4107, level terendah sejak 16 Juni. Kanselir Jerman Angela Merkel dijadwalkan bertemu Perdana Menteri China Wen Jiabao Senin ketika ia tiba di Jerman dari turnya ke Eropa.

Sebuah konferensi pers diperkirakan berlangsung pada 11:30 waktu London. Anggota dewan eksekutif Bank Sentral Eropa Juergen Stark akan menjadi tuan rumah konferensi pers dari Frankfurt pada Senin terkait moneter dan statistik keuangan yang dihasilkan oleh ECB. Briefing akan berlangsung pada pukul 8:00 waktu London, dengan materi yang disajikan pada briefing tersedia pada 10:30. Presiden Perancis Nicholas Sarkozy akan mengadakan konferensi pers di Paris pada Senin, di mana ia akan membahas investasi publik di Perancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar