Kamis, 18 Agustus 2011

Garap Syariah, BEI Segera MoU dengan Bursa London

Headline
INILAH.COM, Jakarta – Bursa Efek Indonesia akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan bursa saham London untuk mengembangkan pasar saham syariah di Indonesia.

“Bursa saham London tertarik bekerjasama dengan kita. Pasar saham syariah Indonesia cukup berkembang karena potensi Indonesia dengan negara terbesar muslim di dunia, dan kerja sama akan dipayungi dengan MOU dulu. Kita ingin mengembangkan produk syariah dan apa yang bisa diperdagangkan di bursa masing-masing,” tutur Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi, Kamis (18/8).

Selain itu, untuk menjawab kebutuhan pasar saham syariah di Indonesia, BEI sedang melakukan diskusi dengan beberapa anggota bursa untuk sistem online trading untuk saham syariah. Friderica menuturkan, anggota bursa melihat ada peluang untuk sistem online trading bagi saham syariah. Ada tiga anggota bursa untuk mengembangkan fitur tersebut yang terdiri dari dua anggota bursa saham lokal dan satu anggota bursa saham asing. Satu anggota bursa saham lokal pun akan mendapatkan sertifikasi MUI dalam pengembangan sistem online trading bagi saham syariah.

Menurut Friderica, fitur sistem online trading untuk saham syariah ini juga dapat meningkat investor di pasar modal. “Fitur baru dengan sistem online trading untuk saham syariah akan melihat fundamental, saham-saham yang masuk efek syaria, dan sahamnya tidak masuk margin dan short selling,” tegas Friderica. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar