Kamis, 18 Agustus 2011

Cek, tiga bluechips paling banyak dikoleksi asing di sesi pagi!

Cek, tiga bluechips paling banyak dikoleksi asing di sesi pagi!
JAKARTA. Investor asing terlihat mulai aktif mengoleksi saham-saham bluechips pada perdagangan hari ini. Di sesi pertama, tiga bluechips yang paling diminati, yaitu PT Astra International Tbk (ASII), PT Unilever Tbk (UNVR), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Minat beli investor tergambar dari kenaikan yang terjadi pada ASII sebesar 2,79%, UNVR yang naik 3,27%, dan TLKM reli 2,78%. Reli ketiga saham ini menopang laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga kembali ke level 4.009 di penutupan sesi I.

Data Bloomberg menunjukkan mayoritas broker asing masih mendominasi perburuan ketiga saham ini. Hingga sesi pagi berakhir, sudah 2,85 juta saham ASII yang ditransaksikan. Adapun, tiga broker yang paling banyak memboyong saham ini, yaitu CIMB Securities Indonesia mencapai Rp 47,81 miliar, Merrill Lynch Indonesia sejumlah Rp 29,69 miliar, dan Credit Suisse Securities Indonesia senilai Rp 28,82 miliar.

Sementara, total saham UNVR yang ditransaksikan sekitar 2,33 juta saham. Pengoleksi terbanyak saham barang konsumsi ini yaitu, Kim Eng Securities dengan nilai pembelian Rp 8,96 miliar. Diikuti, Macquaire Capital Securities Indonesia Rp 7,22 miliar, dan UBS Securities Indonesia senilai Rp 5,73 miliar.

Adapun, saham volume saham TLKM yang diperdagangkan di sesi pertama mencapai 9,59 juta saham. Kim Eng Securities menjadi broker yang paling getol membeli saham ini, yaitu senilai Rp 21,52 miliar. Lalu, CIMB Securities Indonesia Rp 16,31 miliar, dan Credit Suisse Securities Indonesia sejumlah Rp 15,99 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar