Jumat, 19 Agustus 2011

GJTL optimis penjualan tahun ini bisa tumbuh hingga 25%

GJTL optimis penjualan tahun ini bisa tumbuh hingga 25%
JAKARTA. PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) optimis dapat meningkatkan kinerjanya pada semester kedua tahun ini. Pada semester pertama 2011, perseroan berhasil mencetak penjualan bersih sebesar Rp 5,82 triliun. Pada paruh kedua 2011, perseroan optimis dapat mencetak penjualan sebesar Rp 5,94 triliun hingga Rp 6,43 triliun.

Alhasil, penjualan sepanjang tahun ini bisa mencapai Rp 11,76 triliun hingga Rp 12,25 triliun. "Kita ingin cetak penjualan lebih tinggi 20% - 25% dibandingkan tahun lalu yang sebanyak Rp 9,8 triliun," ujar Direktur GJTL Catharina Widjaja, di Jakarta, Kamis (18/8).

Perseroan optimis dapat mencapai target itu seiring pulihnya permintaan ban dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Catharina bilang, setahun belakangan, permintaan dari sana terbilang seret akibat krisis finansial. Disamping itu, permintaan ban dari lokal saat ini juga terus meningkat seiring peningkatan produksi sepeda motor dan mobil.

Namun, GJTL menghadapi persoalan serius terkait kenaikan harga bahan baku terutama karet. Hal ini membuat gross margin perseroan sedikit terpangkas. Untuk meminimalisir dampak itu, GJTL telah menaikkan harga jual ban sekitar 10% pada semester pertama lalu. Perseroan juga berniat kembali menaikkan harga ban pada paruh kedua tahun ini.

"Kami masih godok besaran kenaikannya, tapi tidak akan melebihi semester pertama," tandas Catharina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar