Jumat, 19 Agustus 2011

Indeks acuan di Asia tergerus di atas 2%, Kospi paling parah

Indeks acuan di Asia tergerus di atas 2%, Kospi paling parah
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia keok. Penyebabnya, perekonomian global menunjukkan tanda melemah serta krisisi utang Eropa akan menghancurkan sistem perbankan.

Pada pukul 10.50 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 2,5% menjadi 120,13. Dengan demikian, bursa acuan di kawasan regional ini sudah melorot selama empat minggu berturut-turut. Sekitar 20 saham melorot, berbanding dengan satu saham yang naik.

Sementara itu, indeks Kospi terperosok hingga 4,4%, yang merupakan penurunan terbesar sejak Januari 2009 lalu. Sedangkan indeks Nikkei 225, Hang Seng, dan S&P/ASX 200 kompak memerah dengan penurunan masing-masing 2,02%, 2,63%, dan 2,83%.

Saham-saham yang mempengaruhi bursa Asia antara lain: BHP Billiton Ltd turun 3% di Sydney, BBillabong International Ltd anjlok 19% di Sydney, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc turun 1,4% di Tokyo, dan Toyota Motor Corp turun 1,6% di Tokyo.

"Semua yang tengah terjadi menggerus kepercayaan investor. Tingkat kepercayaan bisnis stagnan dan pertumbuhan ekonomi global melambat. Sementara, krisis utang Eropa tambah parah dan tanpa ada koordinasi dalam penyelesaiannya. Kasus terburuknya adalah kita kembali krisis finansial 2008 lalu," jelas Matt Riordan dari Paradice Investment Management Pty.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar